Bantu Tangani COVID-19, Begini Cara Donasi Lewat Trans Retail

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 13:33 WIB
Transmart
Foto: dok Trans Retail
Jakarta -

PT Trans Retail Indonesia mengajak masyarakat berdonasi untuk membantu penanganan COVID-19 melalui program 'Bangun Peduli Trans Retail Indonesia'. Donasi dapat diberikan melalui kasir gerai Transmart, Carrefour, dan Multimart di seluruh Indonesia.

Dijelaskan Vice President Corporate Communication PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid, program donasi telah berlangsung sejak 4 April 2020. Penggalangan dana akan terus berlanjut hingga kondisi pandemi COVID-19 berangsur mereda.

"Kami mengajak masyarakat melakukan donasi dengan datang ke 132 gerai Transmart dan Carrefour di seluruh Indonesia, serta 11 toko Multimart di Manado dan Ternate," kata Satria kepada detikcom, Jumat (8/5/2020).

Adapun donasi dapat diberikan melalui kasir gerai Trans Retail maupun melalui layanan Transmart Home Dailivery, dengan nominal minimal Rp 10 ribu. Konsumen bisa membayarkan donasi secara tunai, atau menggunakan kartu debit dan kredit.

Satria menambahkan, donasi yang terkumpul dari konsumen akan disalurkan dalam bentuk alat pelindung diri (APD) melalui CT ARSA Foundation ke rumah sakit dan puskesmas seluruh Indonesia.

"Kami terpanggil untuk membantu rumah sakit dan puskesmas. Bukan hanya rumah sakit rujukan utama kelas A, tapi juga rumah sakit kelas B dan C, juga puskesmas," imbuh Satria.

Pada Jumat (8/5/2020), Trans Retail menyerahkan bantuan APD yang dari donasi konsumen, terdiri dari 25.990 hazmat, 12 ribu kacamata medis, dan 2.400 face shield senilai. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh CEO & President Director PT. Trans Retail Indonesia Bouzeneth Benaouda, kepada Sekretaris CT Arsa Foundation Latif Harmoko di gedung Trans Retail, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Donasi akan disalurkan ke 113 rumah sakit dan 30 puskesmas di seluruh Indonesia.

Benaouda menyampaikan, program penggalangan donasi oleh Trans Retail dilakukan secara akuntabel. Donasi yang dikumpulkan dari konsumen, kata dia, akan diaudit oleh kantor akuntan publik.

"Kami sebagai perusahaan ritel sangat bersyukur karena bersama seluruh pelanggan kami, dapat berhasil mengumpulkan dana donasi untuk membantu melengkapi kebutuhan APD yang diperlukan tim medis. Program donasi 'Bangun Peduli Trans Retail Indonesia' ini merupakan wujud peran aktif kami sebagai perusahaan dalam usaha memutus penularan COVID-19 di Indonesia," ujar Benaouda.

Sementara itu, Satria mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi agar semakin banyak bantuan yang dapat diberikan untuk penanganan COVID-19. Menurutnya, bantuan APD masih sangat dibutuhkan oleh rumah sakit untuk menangani pasien virus Corona.

"Harapannya semakin banyak sumbangan terkumpul, APD yang kita kirimkan bisa bertambah," kata Satria.

(ega/ega)