Loyalis Amien Rais: Hanafi Akan Gabung ke Partai Amanat Reformasi

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 13:10 WIB
Hanafi Rais
Hanafi Rais (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hanafi Rais menyatakan mundur dari kepengurusan partai dan Ketua Fraksi PAN DPR RI. Putra sesepuh PAN Amien Rais itu disebut akan ikut mendeklarasikan partai baru bernama Partai Amanat Reformasi.

"Kami sudah siapkan partai baru dan Hanafi akan gabung mempercepat deklarasi kami," ungkap loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada detikcom, Jumat (8/5/2020).

Menurut Agung, sejumlah kader PAN yang kecewa terhadap kepemimpinan Ketum Zulkifli Hasan sudah lama mempersiapkan pembentukan partai baru. Nama pecahan PAN itu memang belum dipastikan, namun menurut Agung, partai tersebut mungkin akan diberi nama Partai Amanat Reformasi.

"Sudah kami siapkan sejak lama, sih. Saya salah satu tim di dalamnya," tuturnya.

"(Namanya) masih dalam penggodokan sih. Salah satu nama (yaitu) Partai Amanat Reformasi," sambung Agung.

Dia merinci lagi pihak-pihak yang ingin membentuk partai baru tersebut. Mereka, kata Agung, adalah yang tidak sejalan dengan kebijakan Zulkifli Hasan.

"Sebagai yang kritis terhadap kebijakan Zul yang membelokkan suara rakyat agar PAN tidak berkoalisi dengan pemerintah dan sebagian besar justru tokoh-tokoh kritis terhadap pemerintah atau rezim yang dianggap sudah jauh dari cita-cita reformasi," urainya.

Agung juga mengklaim akan banyak tokoh yang bergabung dengan partai ini. Apalagi setelah Hanafi diketahui akan ikut bersama.

"Banyak tokoh nasional yang akan gabung bersama partai ini. (Hanafi) akan menambah energi baru dan muda-muda dalam partai baru nanti," kata Agung.

Seperti diketahui, Hanafi Rais mengajukan pengunduran dirinya sebagai pengurus PAN dan juga keanggotaannya di DPR dari Fraksi PAN. Polemik mundurnya Hanafi Rais itu pun kemudian dinarasikan sebagai baper politik oleh sang adik kandung, Mumtaz Rais.

Hanafi dan Mumtaz memang berada di dua kubu berbeda saat kongres PAN. Hanafi berada di barisan ayah mereka Amien Rais, sementara Mumtaz berada di barisan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang merupakan mertuanya. Zulhas akhirnya menang dan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

Simak juga video Gelar Rakernas Secara Virtual, PAN Raih Rekor Muri:

(elz/fjp)