Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Ribuan APD ke RS-Puskesmas

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 11:59 WIB
Melalui CT ARSA, Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Donasi APD
Foto: Melalui CT ARSA, Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Donasi APD (Ilman-detikcom)
Jakarta -

PT Trans Retail Indonesia bersama pelanggan setianya dari penggalangan dana, menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada CT ARSA Foundation untuk didistribusikan ke berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia. Penyaluran bantuan itu bertujuan sebagai dukungan untuk membantu melawan wabah COVID-19 yang kini sudah menjadi pandemi global.

Donasi tersebut dibalut dengan nama program Bangun Peduli TRANS RETAIL Indonesia. Donasi yang sudah terkumpul itu kemudian secara simbolis oleh CEO & President Director PT Trans Retail Indonesia, Bouzeneth Benaouda kepada Sekretaris CT ARSA Foundation dan Operational Director TRANSMEDIA, Latif Harnoko untuk kemudian diberikan kepada perwakilan rumah sakit dan puskesmas. Penyerahan donasi secara simbolis itu dilakukan di Gedung Trans Retail, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Jumat (8/5/2020).

"Saat ini kami ucapkan banyak terima kasih atas sumbangan yang diberikan oleh konsumen setia Transmart melalui scan kasir di seluruh gerai kami di Indonesia," ujar Benaouda.

Benaouda mengatakan, penggalangan dana itu dilakukan sejak Sabtu (4/4) hingga Kamis (7/5) lalu di seluruh kasir ritel PT Trans Ritel Indonesia yakni Transmart, Carrefour, Transmart Carrefour, dan Multimart dan terkumpul dana Rp 530.486.555. Dari penggalangan dana itu, PT Trans Ritel Indonesia memberikan bantuan APD berupa 25.990 hazmat, 12.000 goggles dan 2.400 faceshield. Ribuan APD itu nantinya akan disalurkan ke 113 rumah sakit dan 30 puskesmas di berbagai wilayah Indonesia.

Benaouda menegaskan, donasi yang disalurkan oleh pelanggan Transmart ini akan diaudit oleh kantor akuntan publik. Sehingga, penyalurannya dapat dipertanggungjawabkan.

"Ke depannya kita akhir periode, akan lakukan audit oleh kantor akuntan publik yang ditunjuk," ucapnya.

Melalui CT ARSA, Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Donasi APDMelalui CT ARSA, Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Donasi APD Foto: Melalui CT ARSA, Trans Retail dan Dompet Amal TRANSMEDIA Sumbang Donasi APD (Ilman-detikcom)

Di lokasi yang sama, Vice President Corporate Communications PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid mengatakan, program Bangun Peduli TRANS RETAIL Indonesia akan terus berjalan sampai pandemi ini hilang. "Program donasi ini adalah program yang berkelanjutan, sampai kondisi pandemi membaik," kata Satria.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris CT ARSA Foundation, Latif Harnoko mengatakan, penyerahan bantuan APD ini sudah lima kali dilakukan CT ARSA Foundation. Total, sudah ada 225 titik fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang mendapat donasi APD dari CT ARSA Foundation.

"Ini yang ke lima kali pendistribusian di hampir 225 titik," kata Harnoko.

Harnoko mengatakan, dalam penyerahan secara simbolis itu, TRANSMEDIA yang menaungi TRANS TV, TRANS7, detikcom, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik Network dan Transvision juga turut menyalurkan donasinya berupa masker N95 sebanyak 25 ribu pcs. Dengan penyaluran bantuan ini Harnoko berharap, ada hikmah yang baik di balik pandemi ini.

"Mudah-mudahan ini tidak hanya berlangsung hari ini saja yang besar insya Allah dari dukungan donatur yang ada, kita akan berlanjut ke depan yang lebih besar lagi. Mudah-mudahan segala sesuatunya lebih baik, pandemi bisa selesai mengakibatkan Indonesia maju dan ekonomi bangsa kita tetap bergerak ke depan," tandasnya.

(zap/zap)