Remaja Gorontalo Pelesetkan Lagu Aisyah, MUI Bicara Lemahnya Pendidikan Agama

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 07:17 WIB
Sekjen MUI Anwar Abbas.
Foto: Sekjen MUI Anwar Abbas. (Rahel-detikcom)
Jakarta -

Tiga remaja di Gorontalo diamankan polisi terkait dugaan memelesetkan lagu 'Aisyah'. Majelis Ulama Indonesia (MUI) berbicara lemahnya pendidikan agama.

"Kalau menurut saya iya, ada masalah ya, pendidikan agama kita masih punya kelemahan-kelemahan ya sehingga akhirnya banyak juga anak didik kita yang begitu," kata Sekjen MUI Anwar Abas, ketika dihubungi, Kamis (7/5/2020).

Meski begitu, Anwar menjelaskan ada juga faktor pengaruh budaya luar. Sehingga para remaja saat ini tidak memandang adanya batasan norma dan agama dalam kehidupan di Indonesia.

"Tapi itu juga karena pengaruh budaya luar, budaya asing, dan juga pengaruh pandangan hidup orang di luar, kalau orang luar kan punya pandangan hidup bebas, kita kan tidak, kita terkunci oleh nilai budaya dan agama, kita kan negara pancasila," ujarnya.

Anwar mempersilakan remaja untuk menyalurkan kreativitas, namun jangan sampai melampaui batas ajaran agama. Dia juga meminta orang terdekat dan masyarakat mengawasi ketat bentuk kreativitas yang dikeluarkan.

"Oleh karena itu, saya mengimbau supaya para remaja mengembangkan kreativitasnya mengembangkan bakat seninya tapi perhatikan lah nilai ajaran agama dan budaya bangsa," katanya.

"Masyarakat pun harus ikut mengontrol dan mengawasi dan mengingatkan mereka kalau salah, keluarga, guru, masyarakat, untuk memberikan pengertian, kalau mereka masih tidak mau ya kita minta pemerintah untuk turun tangan dan menangkap, tapi menangkap itu sebagai langkah terakhir," lanjut Anwar.

Sebelumnya, Polres Gorontalo Kota berhasil mengamankan tiga remaja yang berada dalam video viral memelesetkan lagu Aisyah yang liriknya diubah. Ketiganya kini diamankan di Polres Gorontalo Kota.

Ketiga remaja yang diamankan adalah perempuan berinisial AAR (21) yang menyanyikan sepenggal syair, perempuan berinisial FYA (19) yang juga berada dalam video, serta laki-laki berinisial RA (21) yang berjoget sambil menggunakan handuk.

Pelesetkan Lagu Aisyah, 3 Remaja di Gorontalo Diamankan Polisi:

(eva/rfs)