Profil Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Peduli Corona

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 16:02 WIB
Tom Liwafa
Foto: Instagram/Profil Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Peduli Corona
Jakarta -

Aksi viral crazy rich Surabaya kembali bikin penasaran para netizen. Kali ini adalah Tom Liwafa, yang mengunggah aksi sosial peduli Corona bersama Entrepreneur Versus Corona (EVC).

Video aksi tersebut diunggah melalui akun Instagram di tomliwafa. Dalam aksinya, Tom Liwafa membagikan sembako plus uang tunai kepada warga dan pekerja di jalanan. Selain itu, pengusaha yang disapa Wafa tersebut membagikan peralatan medis dan hand sanitizer.

Berikut, profil Tom Liwafa dilihat di Instagram dan hasil wawancara pada Rabu (6/5/2020),

1. Tom Liwafa berharap kebaikan bisa menular

Dalam aksi yang di-upload di IGTV, Wafa berharap kebaikan yang dilakukannya bisa menular. Aksi sosial dan konten positif lebih diperlukan masyarakat menghadapi dampak Corona.

"Semoga kebaikan ini menular !

Mau dibilang riak silahkan, yang penting kita tulus dalam hati memang pengen sumbang.

Sumbangan ini 50% dari saya 50% dari uang donasi temen temen @entrepreneursvscorona .

Yang komen baik tak kasih pulsa 100k buat 3 orang !!

Kita butuh banyak orang baik di indonesia , baik itu baik berkomentar , baik berucap , atau baik dalam berbagi !!!

Dari tom liwafa
Mantan orang miskin yang peduli. Viralkan !!!" tulis Wafa dalam Instagramnya

2. Profil Tom Liwafa yang berbisnis sejak remaja

Dalam Instagramnya, Wafa menulis fashion industries sebagai salah satu passion-nya. Wafa yang kini berusia 28 tahun ternyata mulai bisnis di usia 18 tahun dengan membantu keluarga atau saudaranya.

Wafa lahir di Mojokerto dan sempat mengenyam pendidikan di Universitas Ciputra. Dalam InstaStory QnA, Wafa memilih universitas tersebut karena kampusnya bagus dan punya kurikulum bisnis. Sambil bercanda dia mengatakan sengaja pilih kampus yang mahal.

3. Kegiatan dan bidang bisnis Tom Liwafa

Dalam wawancara dengan detikcom, Wafa mengatakan punya bisnis dalam bidang beverages, food, handmade shoes, furniture, clothing, dan persewaan LED. Bisnis tersebut memungkinkan Wafa memperkerjakan ratusan orang.

Kegiatan lainnya adalah, Wafa mendirikan ratusan UMKM di beberapa kota seperti Mojokerto dan Sidoarjo. Wafa juga aktif sebagai keynote speaker dalam acara seminar atau workshop. Dia sering memberi motivasi dan tips keuntungan menjadi pengusaha melalui sosial media.

4. Tom Liwafa setia dengan istri

Di Instagramnya, Wafa sempat mengunggah foto bersama istrinya saat masih pacaran dengan rambut gondrong. Keduanya menikah pada tahun 2015 dengan modal seadanya. Setelah menikah, Wafa dan istrinya makin serius bisnis di bidang fashion hingga berbuah manis.

Wafa menekankan pentingnya peran istri sebagai pendamping dalam berusaha. Pasangan tersebut mengawali bisnis dari bawah dengan kondisi biasa saja, kerja keras bersama, hingga merasakan hasil yang indah.

5. Tom Liwafa tak segan berbagi pengalaman

Melalui InstaStory, Wafa tak segan menjawab berbagai pertanyaan seputar bisnis dan investasi. Termasuk pengelolaan usaha dan karyawan hingga bisa lebih produktif.

Wafa juga tak segan menjawab pertanyaan pribadi dari para netizen, misal yang ingin tahu agamanya. Wafa tegas menjawab agamanya adalah Islam, namun tidak akan berbagi dalam bidan tersebut karena bukan expert. Dia memilih berbagi dalam bidang bisnis, mental, psikolog, dan perjuangan hidup yang telah dilaluinya.

Crazy Rich Surabaya Bagi Kardus Berisi Uang, Sindir Ferdian Paleka:

(row/erd)