Mengapa Bupati Lumajang Bela Mendes PDTT yang Dikritik Bupati Boltim?

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 14:59 WIB
Perang argumen antara Bupati Lumajang Thoriqul Haq dengan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar berlanjut. Thoriq menyebut Sehan sebagai teman yang harus diingatkan.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Foto: tangkapan layar)
Jakarta -

Bupati Lumajang Thoriqul Haq turut mengomentari pernyataan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar yang memprotes bantuan pemerintah. DPP PKB menilai tanggapan disampaikan Thoriqul atas protes Sehan Salim itu benar.

"Apa yang dilakukan Bupati Lumajang itu bagus. Dia mengajak kita bekerja daripada mengeluh. Kalau dibaca peraturan-peraturan termasuk SE Mendes, itu clear kok," ujar Ketua DPP PKB Ahmad Iman saat dihubungi, Kamis (7/5/2020).

Iman menilai peraturan yang dibuat seluruh kementerian dan lembaga dalam penanganan Corona (COVID-19) sudah tepat. Terkait SE Menteri Desa PDTT dan SE Mendagri yang dipersoalkan Sehan Salim, Iman menilai setiap SE yang dibuat kementerian itu sudah bersinergi dan tidak ada tumpang tindih.

"Mana ada pemerintah ingin mempersulit warga dapat bantuan sosial dalam situasi COVID ini, dan setiap kebijakan itu selalu disinergikan dengan kementerian lain," katanya.

"Prinsip SE itu bagaimana agar orang miskin dapat BLT, termasuk orang yang dulu bukan miskin tapi sekarang miskin itu juga harus dapat," imbuhnya.

Lantas mengapa Thoriq membela Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar yang dari kritik Sehan?

Iman menilai Thoriqul memiliki alasan baik untuk menanggapi pernyataan Sehan. Menurutnya, Thoriqul melakukan ini juga sebagai bentuk solidaritas dengan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. Sebagaimana diketahui, keduanya merupakan politikus PKB.

"Saya kira pertama soal solidaritas dalam penanganan COVID-19. Pandemi ini harus ditangani secara cepat dan tepat, kepala daerah jadi ujung tombaknya, Pak Bupati Lumajang maksudnya baik, mengajak para kepala daerah untuk fokus menangani COVID-19. Ya Pak Thoriq memang kader PKB yang top di Jatim," katanya.

Tonton juga video 53% Desa di Indonesia Sudah Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2