Diizinkan Beroperasi, Terminal Pulogebang-Kalideres Belum Layani Bus Antarkota

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 14:09 WIB
Tidak Melayani Pemudik, Terminal Pulogebang Bak Kota Mati
Terminal Pulogebang (Foto: 20detik)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan telah memberikan izin kepada seluruh moda transportasi umum untuk kembali beroperasi mulai hari ini. Namun terminal di Jakarta belum bisa memberikan layanan bus antarkota, masih menunggu instruksi.

Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen mengaku belum dapat menjalankan instruksi tersebut. Sebab, pihaknya masih menunggu peraturan tertulisnya. Dengan begitu, pihak terminal belum melayani operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Jadi begini, sampai saat ini Terminal Bus Kalideres belum melayani layanan antarkota antarprovinsi karena kami masih memberlakukan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang larangan mudik ya. Kami sampai saat ini masih menunggu peraturan yang memperbolehkan untuk yang layanan kebutuhan mendesak itu. Tapi sampai saat ini kita belum mendapatkan surat-suratnya, jadi kami masih menunggu, Pak," ujar Revi saat dihubungi detikcom, Kamis (7/5/2020).

Revi mengatakan pihaknya masih mengikuti instruksi Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 sebagai pedoman, sehingga sampai saat ini tidak ada layanan bus antarkota di Terminal Kalideres, kecuali bus dalam kota.

"Bus AKAP sama sekali tidak boleh masuk terminal. Juga tidak ada di dalam terminal. Semua masih di perusahaan atau di pool-nya masing-masing ya," ucapnya.

"Kami di sini yang hanya mengoperasikan pelayanan dalam kota, TransJakarta, kemudian angkutan Jabodetabek ya, yang mana tapi dia diberlakukan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar," lanjut Revi.

Menhub Izinkan Transportasi Beroperasi ke Luar Daerah, tapi...:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2