Round-Up

Poin-poin Instruksi Jokowi Targetkan Kurva Positif Corona Turun Bulan ini

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 21:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet paripurna membahas penanganan virus Corona (COVID-19). Jokowi menargetkan kurva kasus positif virus Corona turun pada Mei 2020.

Jokowi meminta seluruh jajarannya mengerahkan segala kekuatan melawan virus Corona. Jokowi juga mengajak agar masyarakat ikut berperan aktif memutus mata rantai virus Corona.

Pemerintah pun harus siap diawasi masyarakat dalam penanganan virus COVID-19 ini. Instruksi-instruksi tersebut disampaikan Jokowi saat membuka rapat kabinet paripurna seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/5/2020).

Berikut ini poin-poin instruksi terbaru Jokowi yang menargetkan kurva positif Corona turun pada Mei:


Kurva Positif Corona Harus Turun di Bulan Mei


Jokowi ingin pada Mei ini kurva kasus positif Corona di Indonesia menurun.

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan, yaitu kurvanya sudah harus turun. Dan masuk pada posisi sedang di Juni, di bulan Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apa pun," kata Jokowi.

"Itu dilakukan tidak hanya oleh Gugus Tugas, tapi juga melibatkan seluruh elemen bangsa. Jajaran pemerintahan, organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan, relawan, parpol, dan sektor swasta. Ini yang harus betul-betul didirigeni dan diorkestrasi dengan baik," ujar dia.

Jokowi mengatakan upaya tersebut harus dilakukan semua pihak. Bukan hanya oleh pemerintah, Jokowi juga ingin masyarakat ikut terlibat dalam penanganan Corona.

"Saya yakin, jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu bisa mengatasi COVID secepat-cepatnya," sambung Jokowi.