Ada 503 Kasus Kebakaran di Jakarta Selama 2020, 10 Orang Meninggal

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 19:38 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat terjadi 503 kasus kebakaran di DKI Jakarta yang menewaskan 10 orang sepanjang 2020. Pemprov DKI ingin menekan angka tersebut.

Data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Pemprov DKI Jakarta periode Januari sampai 4 Maret 2020, terdapat 503 kasus kebakaran. Sementara itu, ada 1.612 penyelamatan yang dilakukan oleh petugas damkar.

Dari 503 kasus kebakaran, terdapat 1 petugas yang mengalami luka-luka saat bertugas. Lalu, 10 orang meninggal dan 32 orang mengalami luka-luka.


Kepala Dinas PKP Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebut pihaknya saat ini menggencarkan patroli dengan sepeda motor untuk sosialisasi. Menurut Satriadi, terjadi peningkatan aktivitas memasak saat Ramadhan yang menimbulkan kerawanan sendiri.

"Kita gencarkan lagi sosialisasi pencegahan kebakaran ini. Mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran yang bisa terjadi kapan saja," kata Satriadi, dalam keterangannya, Selasa (5/5/2020).

Petugas Dinas Penanggualangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta bertugas untuk patroli.Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta bertugas untuk patroli. (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)


Dengan menggencarkan sosialisasi, dia berharap ada penurunan kasus kebakaran karena meningkatnya kewaspadaan masyarakat.

"Kita berharap hal yang kita lakukan ini bisa membawa dampak terhadap pengurangan penyebaran COVID-19, dan juga frekuensi kebakaran, karena kita yakin untuk menghindari bencana ini perlu kolaborasi semua pihak baik pemerintah, swasta dan juga peran masyarakat," kata Satriadi.

(aik/hri)