PDP Corona di Kukar Meninggal, Dibawa ke RS dalam Kondisi Koma Diabetes

Suriyatman - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 17:21 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Samarinda -

Seorang pasien dalam pemangawasan (PDP) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), meninggal dunia. Pasien tersebut dibawa ke Rumah Sakit Parikesit Tenggarong, Kutai Kartanegara, sudah dalam kondisi koma.

"Beliau masuk ke RS dengan koma diabetes, memang keadaan berat saat masuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Pasien berusia 62 tahun tersebut meninggal pagi tadi. Dia menjalani perawatan intensif di RS Parikesit Tenggarong, Kutai Kartanegara, sejak Rabu (29/4), sehingga total PDP yang meninggal dunia sudah 5 orang.

Martina mengatakan pasien tersebut berasal dari Muara Badak. Dia mengatakan di daerah tersebut telah terjadi kasus penularan lokal.

"Pasien bukan dari salah satu klaster atau pelaku perjalanan, namun karena yang bersangkutan berasal dari Kecamatan Muara Badak dan diketahui sebagai daerah yang telah terjadi penularan lokal maka dilakukan penanganan sesuai pasien COVID," kata Martina.

"Pasien sudah kita lakukan rapid test di Puskesmas Muara Badak dan hasilnya reaktif. Selanjutnya kami lakukan dengan pemeriksaan sampel darah, namun hasilnya belum keluar, hingga pasien meninggal dunia," tambahnya.

Meski hasilnya belum keluar, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pemakaman dilakukan menggunakan protokol penanganan pasien positif COVID-19.

(jbr/jbr)