Wagub Papua: Positif Corona di Mimika 87 Kasus, 51 di Areal Freeport

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 16:49 WIB
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. (Istimewa)
Jayapura -

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meminta agar seluruh karyawan PT Freeport Indonesia dites COVID-19 secara tuntas. Sebab, kasus positif Corona di area itu mencapai angka 51.

"Data Satuan Tugas Pengendalian, Pencegahan, dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua hingga Senin (4/5) menyebutkan akumulasi kasus pasien positif COVID-19 di Mimika telah mencapai 87 kasus. Dari 87 itu, sebanyak 51 kasus berada Distrik Tembagapura yang merupakan areal tambang emas milik PT Freeport Indonesia," ujar Klemen Tinal di Jayapura, Selasa (5/5/2020) .


Dia mengatakan pihaknya akan mengundang perwakilan Freeport. Pemprov Papua akan menanyakan bagaimana penanganan kasus COVID-19.

"Kami akan minta penjelasan dari Freeport, terkait penanganan kasus COVID-19 bagi karyawan yang berada di highland (dataran tinggi) maupun di lowland (dataran rendah)," terangnya.

Klemen Tinal menuturkan Freeport sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Papua mesti mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat terkait penanganan COVID-19.


Dalam video conference bersama para Bupati dan Wali Kota se-Papua, Senin (4/5), Klemen Tinal mengatakan koordinasi dan komunikasi penanganan COVID-19 di Bumi Cenderawasih selama ini berjalan lancar. Perkembangan kasus COVID-19 di seluruh Papua tetap terdata dan terpantau.

"Karena itu, kami pun bisa menyalurkan bantuan kepada warga, yang terdampak COVID-19 di seluruh Papua," pungkasnya.

(idh/idh)