PSBB, Pengantaran Barang dari UMKM Meningkat 40%

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 10:53 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Pandemi Corona memang membuat sebagian masyarakat Indonesia harus melakukan segala aktivitas dari rumah. Selama kondisi tersebut, ternyata ada pola perubahan perilaku yang dilakukan oleh masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

Dikutip dari situs resmi Grab, sebuah data yang dikeluarkan oleh Grab menunjukan sebuah perubahan perilaku masyarakat sebelum dan saat melakukan aktivitas di rumah. Ternyata PSBB, mempengaruhi pola hidup dan juga kebiasaan hidup masyarakat yang cenderung berubah dari sebelumnya.

Contohnya, karena lebih banyak berada di rumah mitra pengantar makanan dan juga barang kini memainkan peran penting di dalam masyarakat. Ini dikarenakan mereka memastikan masyarakat mendapatkan makanan dan barang yang dibutuhkan selama PSBB.

Hal ini dapat dilihat dari kenaikan pengiriman barang dari UMKM sebanyak 40%. Adapun untuk lokasi pengantarannya titik paling banyak pada bulan Maret adalah Area Perumahan (41,5%), Fasilitas Kesehatan (13,6%) dan Bank (12%). Sebelumnya, Perkantoran dan Area Perumahan mendominasi titik pengantaran.

Selain itu, jumlah pesanan GrabExpress pun pada Maret 2020 naik 21,5% dibandingkan bulan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, pesanan GrabMart pada Maret 2020 naik 22% dari bulan sebelumnya. Memang pada masa pandemi sekarang digitalisasi bisnis menjadi penting untuk dapat bertahan.

Grab pun hadir sebagai platform digital yang mendukung UMKM lewat program Dukungan Merchant yang membantu mitranya dalam mendapatkan.

Nilai Lebih:

Promosi dalam aplikasi

Diskon Spesial

Kategori Khusus untuk UMKM

Meringankan Biaya Operasional:

Program cashback untuk bahan makanan dasar

Potongan harga kemasan makanan

Tidak hanya itu, jasa pengantaran juga memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi mitra pengemudi Grab.

Tonton juga video Kadin: Napas UMKM Terdampak Corona Tinggal 2 Bulan Lagi:

(ega/ega)