4 Tips agar Sholat Lebih Khusyuk dari Ustaz Hanan Attaki

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 03:30 WIB
One day One Hadits sholat malam tarawih
Tips sholat khusyuk. Foto: Tim Infografis detikcom
Jakarta -

Ustaz Hanan Attaki dalam detik Kultum yang tayang di detikcom berbagi tips bisa sholat dengan khusyuk. Supaya bisa sholat khusyuk ada beberapa hal bisa dilakukan. Salah satu faktornya adalah ketika kita mendapatkan sholat dengan ikhsan. Apa maksudnya?

"Beribadahlah atau sholat seolah-olah kita melihat Allah. Atau yakinlah bahwa Allah melihat kita. Jika kita mau melaksanakan sholat, kita niatkan mau bertemu dengan pencipta langit dan bumi. Bukan sekadar melakukan gerakan tertentu seperti rukuk atau sujud," kata Ustaz Hanan Attaki.

Selain itu, Ustaz Hanan Attaki menambahkan, cobalah membangun perasaan fakir. "Beribadahlah kepada Allah seolah-olah bertemu denganNya sehingga saat sholat kita hanya fokus meminta pertolongan kepada Allah," jelas Hanan Attaki.

Sholat merupakan jalan datangnya keajaiban, pertolongan kepada Allah hingga sebagai cara umatnya mengadu atau curhat kepada Allah Swt.

"Saya teringat ketika Nabi (Nabi Muhammad SAW) lelah dengan pekerjaan beliau capek menggali parit Khandaq, ancaman kafir Quraisy makin mendekat ke kota Madinah maka Nabi lelah jiwanya dan meminta Bilal mengumandangkan adzan karena nabi ingin sholat," cerita Hanan.

Dengan sholat, Nabi Muhammad SAW akan mendapatlkan ketenangan. Karena di dalam sholat terdapat dzikir, mulai dari bacaan iftitah, al fatihah, ayat kursi hingga sujud.

Dzikir-dzikir yang terangkum dalam satu ibadah ini harusnya membuat hati kita tenang. Semua dzikir yang kita baca saat sholat bisa menjadi obat untuk hati yang gelisah, gundah, kecewa hingga sedih.

Pendiri Pemuda Hijrah ini memberikan tips agar sholat kita semakin khusyuk. "Pertama saat sholat hadirkan bahwa kita mau ketemu Allah. Kedua tanamkan rasa bahwa Allah satu-satunya harapan kita supaya kita bisa merasakan ketenangan jiwa. Ketiga pahami kembali kalimat-kalimat dzikir yang telah kita baca, bacalah ayat yang kita mengerti artinya sehingga dzikir dalam sholat bisa menjadi obat ketenangan jiwa. Dan yang keempat sholatlah seolah-olah itu sholat terakhir kita," papar Hanan Attaki memberikan tips kepada detikers penonton detik Kultum.

(lus/erd)