Gandeng ACT, LinkAja Galang Donasi buat Biaya Pendidikan di Simeulue

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 17:45 WIB
LinkAja
Foto: Dok. LinkAja
Jakarta -

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), LinkAja bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) galang donasi 'Pendidikan untuk Semua' buat pembangunan sekolah di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Melalui program yang berlangsung hingga 31 Mei 2020 ini, seluruh pengguna dapat berdonasi melalui setiap pembayaran yang dilakukan menggunakan LinkAja via aplikasi maupun platform pendidikan online yang telah bekerja sama dengan LinkAja.

"Melalui inisiatif kami kali ini, kami sangat berharap kemudahan pembayaran iuran pendidikan yang kami tawarkan, serta upaya kolektif dalam berdonasi melalui platform LinkAja dapat menjadi akselerator bagi pertumbuhan sektor pendidikan, yang menjadi kunci utama bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja dalam keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

"Dimulai dari Hardiknas kali ini, mari menyisihkan sedikit dari apa yang kita punya untuk kebaikan bersama, melebarkan pintu bagi kesempatan akan kesetaraan akses pendidikan bagi para siswa yang kurang beruntung di berbagai wilayah di Indonesia," tambah Haryati.

Dijelaskannya, untuk setiap pembayaran iuran pendidikan yang dilakukan oleh pengguna, LinkAja akan menyumbangkan donasi sebesar Rp 20 ribu. Dana yang terkumpul nantinya akan dikonversikan menjadi berbagai perlengkapan sekolah seperti tas, seragam, dan peralatan tulis-menulis kepada anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di empat sekolah di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Sebagai informasi, kini para pengguna dapat membayar SPP dan biaya pendidikan per semester dari mulai TK hingga perguruan tinggi melalui aplikasi LinkAja. Hasil kerja sama LinkAja dengan InfraDigital Nusantara dan PT Egref Telematika Nusantara (SekolahKu-App) ini diharapkan dapat semakin memudahkan para orang tua murid dan siswa dalam pembayaran iuran rutin yang sebelumnya banyak dilakukan secara konvensional (tunai).

Tidak hanya melalui aplikasi, para pengguna juga dapat menggunakan LinkAja sebagai sumber dana dalam melakukan pembayaran iuran di aplikasi Sekolahku-App, serta beberapa platform pendidikan lainnya seperti Pijar Mahir, Pahamify, dan MauBelajarApa. Informasi mengenai daftar institusi pendidikan yang telah bekerja sama dengan LinkAja dapat diakses melalui www.linkaja.id atau melalui aplikasi LinkAja.

(akn/ega)