Pandemi Corona, Masyarakat Bisa Hasilkan Uang Lewat Urban Farming

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 12:05 WIB
Konsep urban farming saat ini memang menjadi tren berkebun di lahan sempit perkotaan. Salah satunya, Abdul Rahman yang merawat tanamannya di atas rumah.
Masyarakat dapat menghasilkan uang lewat urban farming di tengah masa pandemi COVID-19. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pegiat Indonesia Berkebun Winartania menjelaskan berbagai manfaat ketika masyarakat melakukan urban farming. Salah satunya, bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama masa pandemi Corona (COVID-19).

Winartania mengatakan bahwa minat masyarakat terhadap urban farming meningkat semenjak pandemi Corona (COVID-19). Urban farming mengusung konsep menanam sederhana dengan memanfaatkan lahan di rumah namun tetap bisa mencukupi kebutuhan sayuran keluarga.

"Setelah social distancing banyak respon dari luar bertanya bagaimana caranya berkebun, karena mungkin sekarang ini jadi banyak waktu di rumah, enggak bisa kemana-mana, mau belanja juga masih mikir-mikir mau beli sayur dan bahan-bahan makanan," kata Winartania dalam siaran langsung di saluran YouTube BNPB, Senin (4/5/2020).

Pegiat Indonesia Berkebun, Winartania.Pegiat Indonesia Berkebun, Winartania. Foto: dok. BNPB



"Jadi banyak teman-teman tertarik menanam di rumah, dengan tanaman simple dan mudah tapi bisa mencukupi kebutuhan pangan di rumah," lanjutnya.

Winartania merekomendasikan agar masyarakat menanam kangkung dan bayam karena mudah perawatannya serta diminati banyak orang. Apabila kebutuhan pangan di rumah sudah terpenuhi, sayuran berlebih bisa dijual ke tetangga-tetangga sekitar rumah.



"Kalau kita sarankan tanaman sayuran yang kita suka dan banyak dikonsumsi oleh warga sekitar kita, misalnya kita tahu nih banyak yang suka bayam, kangkung dan itu menanamnya tidak susah. Kita bisa tanam yang mudah dulu baru setelah panen berlebih kita bisa jual. Mungkin di sekitar kita sayuran lokal juga banyak disukai," jelasnya.

Simak juga video Jokowi Singgung Pasien Corona yang Kabur dari RS:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3