Peringati Hardiknas, Anies Minta Guru Baca Karya Ki Hajar Dewantara

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 09:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (YouTube Pemprov DKI Jakarta)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (YouTube Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada pendidik untuk membaca karya dari Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Dinas Pendidikan di Jakarta pun diharapkan bisa membuat sistem pendidikan sesuai dengan pikiran Bapak Pendidikan Nasional Indonesia itu.

Awalnya, Anies menyinggung 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari lahir Ki Hajar Dewantara. Menurut Anies, seharusnya, perayaan diperingati dengan mempelajari pemikiran Ki Hajar Dewantara.


"Apalah arti peringatan kelahiran kalau tidak membaca (karya Ki Hajar Dewantara)," kata Anies dalam acara puncak peringatan Hari Pendidikan 2020 DKI Jakarta, di kanal Youtube radiodisdik Jakarta, seperti dilihat detikcom, Senin (4/5/2020).

Anies meminta mengajak kepada guru membaca karya Ki Hajar Dewantara. Menurut Anies dengan begitu akan muncul gambaran bagaimana sistem pendidikan yang bagus.

"Saya ingin ajak semuanya kepada para guru semua baca lengkap semua Ki Hajar Dewantara yang sudah ada dalam bentuk buku. Dari bacaan ini, kita akan maksudkan betapa miripnya apa yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, dengan apa yang diajarkan oleh sekolah-sekolah di negara-negara yang pendidikannya dianggap maju. Dan ini juga yang diselenggarakan oleh di sekolah-sekolah di Jakarta yang saat ini dianggap maju sekolah-sekolah itu," kata Anies.

Simak video Siasati Anak Bosan di Rumah, Mendongeng Bisa Jadi Pilihan:


Selanjutnya
Halaman
1 2