Anies: Generasi Kita Ditakdirkan Hadapi Pandemi, Perbanyak Terobosan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 09:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan PSBB di DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pandemi virus Corona ini dipandang sebagai peristiwa kemanusiaan. Menurutnya, generasi saat ini ditakdirkan untuk menghadapi pandemi.

"Peristiwa yang kita alami pandemi ini adalah peristiwa yang tidak terjadi dalam 1, 2, 3 dekade terakhir, terjadi sekitar 1 abad yang lalu. Saya ingin kita semua memandang ini sebagai sebuah peristiwa kemanusiaan di mana generasi kita ditakdirkan untuk mengalami pengalaman itu," kata Anies dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 lewat konferensi video, Senin (4/5/2020).

Anies mengatakan situasi pandemi saat ini penuh dengan tantangan. Karena itulah, menurutnya, dibutuhkan terobosan agar situasi pandemi yang berat bisa menjadi ringan.

"Ini penuh tantangan, tapi kita ambil hikmahnya bahwa kita adalah generasi manusia yang ditakdirkan untuk mendapat pengalaman. Itu artinya perbanyak terobosan, lakukan segala macam kegiatan yang mungkin untuk bisa membuat suasana berat yang kita hadapi menjadi ringan," ujar Anies.

"Dan ini adalah tanggung jawab yang kita emban sama-sama. Karena kita berada di dunia pendidikan melakukan terobosan itu saat ini, saya percaya insyaallah bangsa kita akan bisa melewati tantangan ini dengan baik," imbuhnya.

Anies juga kembali mengimbau agar masyarakat disiplin menjaga jarak dan menggunakan masker untuk mengurangi potensi penularan virus Corona. Anies pun yakin Indonesia akan segera terbebas dari Corona dan bisa kembali beraktivitas dengan normal.

"Kepada yang semua mengabdi, kami ucapkan terima kasih. Semoga yang dicatat sebagai amal saleh, amal jariyah yang akan dibalas dengan pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala. Inilah janjinya, sampai meninggal pun ilmu yang bermanfaat akan menjadi mengalir pahala tanpa henti," pungkasnya.

Simak video Wahai Guru, Ini 4 Arahan Kemendikbud Soal Belajar di Rumah:

(azr/dkp)