Jemaah Antar Jenazah Guru Zuhdi ke Pemakaman di Banjarmasin

Muhamad Risanta - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 21:40 WIB
Momen Gus Anom dan Guru Zuhdi
Foto: Momen Gus Anom dan Guru Zuhdi (dok.istimewa)

Bagi Gus Anom sendiri, Guru Zuhdi banyak mengisi majelis pengajian di antaranya di Kompleks Pondok Indah Teluk Dalam, Majelis Taklim Masjid Sungai Andai, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Majlis Komplek Citra Graha KM 18 Banjarbaru dan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin, patut diteladani. Karenanya dalam setiap kesempatan berceramah keliling nusantara, selalu diselipkan kisah dakwahnya Tuan Guru Zuhdi.

"Sehari sebelumnya dalam pengajian di Jakarta, saya selalu meminta jemaah untuk mengambil kebaikan pada diri ulama kharismatik, seperti Guru Zuhdi ini," kata Gus Anom meneteskan air mata mengenang sosok KH. Ahmad Zuhdiannor dan hanya bisa mendoakan dari jauh.

Kabar wafatnya KH. Ahmad Zuhdiannor yang akrab dipanggil Guru Zuhdi, sangat memukul seorang Gubernur Kalimantan Selatan, H.Sahbirin Noor. Bagaimana tidak sosok ini salah satu ulama yang sering memberikan masukan dan nasehat bagi dirinya untuk memimpin banua Kalimantan Selatan dengan baik. Karenanya Paman Birin, merasa kehilangan sekali dengan ulama yang jika berceramah sangat disukai dan digandrungi baik yang tua maupun anak muda.

"Kalimantan Selatan, kita semua warga banua, kehilangan seorang ulama besar, pembimbing umat yang selama ini menjadi pelita di tengah kehidupan fana. Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimanta Selatan saya mengungkapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dengan wafatnya Tuan Guru Zuhdi," ucap Paman Birin.

Sementara itu tepat pukul 16:00 Wita jenazah Guru Zudi tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru setelah satu jam lebih diterbangkan dari Jakarta. Dengan menggunakan Ambulan dari RSUD Ulin Banjarmasin, dibawa ke Banjarmasin. Sebelumnya di terminal VIP Bandara kedatangan jenazah ulama kharismatik ini disambut Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani bersama wakilnya Darmawan Jaya Setiawan.Keduanya pun tak kuasa menahan tangis haru saat melepas rombongan ke Banjarmasin.

Di Banjarmasin sendiri ribuan warga dan jemaah pengajian menyambut kedatangan jenazah almarhum yang tiba pukul 18.00 Wita dan langsung disemayamkan di rumah duka di kawasan Belakang Masjid Jami Banjarmasin. Selanjutnya selesai Isya jenazah KH. Ahmad Zuhdiannor dimakamkan dan diantar ribuan orang dengan zikir dan salawat.

selanjutnya
Halaman

(lir/lir)