Peringati Hardiknas, Jokowi: Pandemi COVID-19 Beri Begitu Banyak Pelajaran

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 13:25 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pernyataan bersama dengan PM Belanda Mark Rutte.
Presiden Jokowi Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dia mengatakan pandemi virus Corona (COVID-19) telah memberi begitu banyak pelajaran.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi lewat akun media sosial resminya seperti dilihat detikcom, Sabtu (2/5/2020). Dia mengatakan pandemi COVID-19 tidak hanya soal bagaimana memutus mata rantai penularannya, tapi juga soal bagaimana agar anak-anak bisa tetap belajar.

"Pandemi COVID-19 telah memberi kita begitu banyak pelajaran, tidak hanya tentang upaya memutus mata rantai penularannya, tapi juga bagaimana anak-anak kita tetap belajar, dan bagaimana sekolah-sekolah berkreasi memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar," tulis Jokowi.

Upacara Hardiknas 2020 dilaksanakan secara terpusat, terbatas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi. Agenda ini disiarkan melalui live streaming agar bisa diakses luas.

Mendikbud Nadiem Makarim dalam pidatonya menyampaikan, kondisi pandemi yang saat ini melanda menciptakan banyak pembelajaran baru tidak hanya buat guru, siswa dan orang tua, namun juga untuk masyarakat Indonesia.

"Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di masayarakat kita pada saat pandemi COVID-19 ini merupakan sebuah pembelajaran yang harus kita kembangkan bukan hanya di masa krisis ini tetapi pada saat masa krisis ini sudah berlalu," ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan, bahwa dalam masa COVID-19 ini merupakan waktu yang baik untuk kita berinovasi dalam hal pendidikan agar bisa menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

"Belajar memang tidak selalu mudah, tapi ini saatnya kita berinovasi, ini saatnya kita bereksperimentasi, ini saatnya kita mendengar hati nurani kita dan belajar dari COVID-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan," jelas Nadiem.

Nadiem berpesan agar terus menerapkan anjuran dari Presiden untuk bersama-sama bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

"Terima kasih sudah menerapkan anjuran bapak Presiden untuk hidup bersih dan sehat. Marilah kita bersama-sama bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan belajar dari rumah," pungkas Nadiem.

Dalam upacara Hardiknas 2020 yang dilakukan secara terbatas itu, juga dibagikan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada para pegawai negeri sipil yang berjuang dalam pendidikan sesuai dengan Keputusan Presiden Indonesia No 31/TK/Tahun 2020.

Simak video Pesan Menteri Nadiem di Hardiknas: Belajar dari Covid-19!:

(hri/idh)