Round-Up

Kontroversi Belasan Legislator Bengkulu Kunker di Masa Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 08:52 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Bengkulu -

Kegiatan kunjungan kerja (kunker) belasan anggota DPRD Bengkulu Selatan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) menuai kontroversi. Belasan anggota Dewan tersebut harus rela diisolasi sekembali ke daerah asal.

Ada 14 anggota yang kunker ke Sumatera Selatan (Sumsel). Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan Fery Kusnadi mengklaim kegiatan tersebut sudah dilaporkan kepada Gugus Tugas.

"Secara administrasi dan resmi kami telah melapor kepada Gugus Tugas COVID, sesuai dengan standar penanganan COVID-19," kata Fery, Rabu (29/4/2020).

Meski demikian, identitas belasan anggota DPRD Bengkulu Selatan yang melakukan kunker tersebut belum diketahui. Fery tak mengungkap siapa mereka.

Informasi mengenai kegiatan kunker saat pandemi itu sampai ke telinga Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi. Gusnan mengaku sedih.

"Saya benar-benar sedih. Seharusnya mereka memberikan contoh kepada masyarakat untuk tetap di rumah, ini malah melakukan DL (dinas luar kota) ke Sumsel, di tengah pemerintah dan masyarakat berjuang memutus mata rantai penularan COVID-19," sesal Gusnan.

Gusnan menegaskan belasan anggota DPRD itu harus mengikuti tes kesehatan sepulang dari kunker. Mereka juga diwajibkan mengisolasi diri.

"Saat mereka kembali nanti, saya minta Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 melakukan pengecekan kesehatan mereka dan wajib menjalani isolasi," ujar Gusnan.

Simak juga video Puan Larang Anggota DPR Kunker di Tengah Wabah Virus Corona!: