Polisi Putar Balikkan 4 Truk yang 'Selundupkan' Pemudik di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 08:17 WIB
Setelah sempat dilarang melintas saat arus mudik dan arus balik, truk kini sudah dapat melintasi Tol Jakarta Cikampek. Lalu lintas di jalan tol juga terpantau lancar.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Kabupaten Bekasi -

Polisi menemukan empat truk yang 'menyelundupkan' pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. Sebagai tindakannya, keempat truk itu diputarbalikkan.

"(Total) ada 4 atau 5 (truk) gitu ya," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo ketika dihubungi detikcom, Jumat (1/5/2020).

Polisi menyetop truk-truk penyelundup pemudik itu di pos penyekatan di Kabupaten Bekasi. "Kedungwaringin sama Cikarang Barat," kata Sambodo.

Sambodo menuturkan beberapa sopir truk ada yang dibayar agar bersedia menyelundupkan pemudik. Namun ada pula yang sukarela membantu menyelundupkan karena rasa pertemanan.

"Kami akan lebih ketat lagi. Yang kami curigai pasti kami periksa dumper-nya. Polisi sudah tahu cirinya-cirinya (truk yang menyelundupkan pemudik)," tuturnya.

Terbaru, polisi mencegat sebuah truk di Gerbang Tol Cikarang Barat kemarin siang. Setelah muatannya diperiksa, polisi memergoki sejumlah orang berada dalam truk tersebut.

Terdapat enam penumpang yang bernama Ade Saputra, Tison Satria Bagus, Andikan Panji Arianto, Sucanjuk, Topik Maulana, dan Supendi. Mereka semua disembunyikan sopir dalam dump atau keranjang truk.

Tonton juga video H+7 Larangan Mudik, Pemudik Bandel Berkurang di Tol Cikabar:

(isa/maa)