Dua Pasien Corona Sembuh di Babel, Salah Satunya Pasien Positif Pertama

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 23:21 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Pangkal Pinang - Dua pasien positif COVID-19 asal Provinsi Bangka Belitung dinyatakan sembuh dari virus Corona. Satu dari 2 pasien yang sembuh hari ini merupakan pasien pertama positif COVID-19 di Babel.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan dua pasien yang sembuh hari ini berasal dari Kabupaten Belitung. Total sudah ada 4 orang yang sembuh dari Corona di Bangka Belitung.

"Dari Belitung, total yang sembuh dari virus Corona di Babel jadi 4 orang," jelas Mikron kepada detikcom, Jumat (2/5/2020).

Kedua pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona yakni pasien 034, laki-laki (54) dan merupakan pasien pertama positif COVID-19 di Bangka Belitung.

Pasien sendiri sudah menjalani perawatan medis dan isolasi selama 1 bulan enam hari. Serta dilakukan pengambilan swab tenggorokan sebanyak 8 kali.

"Hasil swab ke-7 dan delapan dinyatakan negatif, sehingga pasien dinyatakan sembuh," kata Mikron.

Lanjut Mikron, sementara untuk pasein yang sembuh kedua hari ini pasien 440, perempuan (21) warga Belitung. Pasein merupakan hasil tracing atau lacak jejak dari pasien 034 di Babel.

Sebelumya, pasien dengan nomor kasus 211 asal Kabupaten Belitung juga dinyatakan sembuh. Disusul dari kabupaten Bangka Selatan, yakni istri PDP yang meninggal dunia di rumah Sakit Siloam Bangka. Jadi totoal ada 4 orang yang sembuh.

Sementara itu untuk pasien terkonfirmasi virus Corona di Babel total ada 19 orang setelah ada penambahan 9 hari ini, 8 dari anak buah kapal (ABK) dan satu orang dari Kabupaten Bangka, Bangka Belitung.

Dari total terkonfirmasi 4 orang dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia dan 14 masih dalam perawatan di rumah Sakit Daerah di Babel (maa/maa)