KKP Bagikan Nasi Ikan di Kawasan Pelabuhan Perikanan Selama 20 Hari

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 14:13 WIB
KKP
Foto: dok KKP
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui 22 unit pelaksana teknis (UPT) pelabuhan perikanan Ditjen Perikanan Tangkap (DJPT), berpartisipasi membagikan nasi ikan untuk masyarakat dan nelayan di kawasan pelabuhan perikanan.

Nantinya 22 UPT pelabuhan perikanan seluruh Indonesia tersebut, akan membagikan sekitar 2.200 nasi ikan setiap harinya selama 20 hari ke depan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar mengatakan pembagian nasi ikan telah dilakukan serempak mulai 30 April kemarin. Tidak hanya di UPT pelabuhan perikanan saja namun juga semua unit kerja KKP di seluruh Indonesia.

"Per hari, kita sediakan 100 nasi dengan lauk ikan di setiap lokasi. Artinya ada 2.200 nasi ikan setiap hari di setiap lokasi pelabuhan perikanan. Ini baru unit kerja DJPT, belum yang unit kerja dari Eselon 1 lain. Diperkirakan sehari mencapai 15.000 nasi ikan," ujar Zulficar, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/5/2020).

Menurut Zulficar, gerakan bagi-bagi nasi ikan ini merupakan inisiatif dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan ini juga sejalan dengan bulan bakti peduli nelayan yang dilaksanakan di pelabuhan perikanan.

Zulficar pun menambahkan, tidak ada anggaran negara dalam gerakan ini. Para pegawai bersama mengumpulkan donasi untuk membeli ikan dari pengusaha kecil di kawasan pelabuhan perikanan.

"Kita juga akan menggandeng mitra dan relawan dalam kegiatan ini karena sejalan dengan kegiatan bakti sosial dalam bulan bakti peduli nelayan. Harapannya, semakin banyak yang membantu, semakin banyak yang terbantu pula," pungkasnya.

Sebagai informasi, sejak bulan Maret lalu, DJPT juga telah melaksanakan bulan bakti nelayan melalui bakti sosial, bakti sehat dan bakti usaha nelayan. Pelaksanaannya berupa pembagian alat pelindung diri (APD), hand sanitizer dan vitamin daya tahan tubuh kepada nelayan, penyemprotan disinfektan, menyediakan sarana cuci tangan hingga distribusi sembako di 34 provinsi.

Simak juga video Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah:

(ega/ega)