Kodim Bangli Buka Dapur Umum Sediakan Makanan Warga Desa yang Diisolasi

Angga Riza - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 11:20 WIB
TNI dirikan dapur umum bantu sediakan makan warga desa di Bangli yang diisolasi
Foto: TNI dirikan dapur umum bantu sediakan makan warga desa di Bangli yang diisolasi. (Dok Istimewa).
Bangli -

Kodim 1626/Bangli, Bali, membantu mendirikan dapur umum di Banjar Serokadan, Abuan, Bangli yang melakukan isolasi desa. Selain menyediakan konsumsi untuk warga, personel TNI juga menjaga keamanan desa tersebut.

"Sejak diputuskan banjar (kampung) ini diisolasi total kami langsung memutuskan untuk membuat dapur umum untuk membantu pasokan pangan warga dalam situasi isolasi ini kan warga tidak diperkenankan untuk keluar rumah sama sekali, jadi kami berkewajiban memenuhi kebutuhan pangan mereka melalui dapur umum ini. Anggota kami selain 1 pleton bertugas di dapur umum juga membantu pengamanan wilayah," kata Dandim 1626 Bangli Letkol Himawan Teddy Laksono kepada wartawan, Jumat (1/5/2020).

TNI dirikan dapur umum bantu sediakan makan warga desa di Bangli yang diisolasiTNI dirikan dapur umum bantu sediakan makan warga desa di Bangli yang diisolasi. (Dok Istimewa).

Bantuan berupa makanan ini diberikan langsung ke rumah-rumah warga oleh Linmas serta Pecalang (Petugas keamanan di Bali). Setiap angkul atau pintu utama banjar, ada sebanyak 60 hingga 80 jiwa.

"Distribusi dilakukan oleh Linmas dan pecalang yang distribusi ke angkul masing-masing dalam 1 angkul ada 60-80 jiwa," lanjut Teddy.

Didirikannya dapur umum ini agar menghindari warga keluar rumah. Harapannya, warga yang berada di banjar tersebut tidak lagi memikirkan kebutuhan pangan untuk sehari-hari, dan tidak perlu untuk keluar rumah.

Brimob Polda Jabar Dirikan Dapur Umum dan Bagikan Nasi Bungkus ke Warga: