Jokowi Ungkap Masalah Sektor Kesehatan, Legislator PAN: Bukan Hal Baru

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 09:03 WIB
Politikus PAN Saleh Daulay (Tsarina/detikcom)
Foto: Politikus PAN Saleh Daulay (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan permasalahan di sektor kesehatan, seperti bahan baku obat yang masih impor, terlihat saat Indonesia dilanda wabah virus Corona. Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menyebut apa yang diungkapkan Jokowi bukan suatu hal yang baru.

"Sebetulnya apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi bukan suatu yang baru. Karena betul alat kesehatan dan obat-obatan itu di atas 90 persen itu diimpor dari negara lain. Makanya itu ventilator yang sekarang lagi dibutuhkan itu sebetulnya kita kekurangan karena memang barang itu banyak yang diimpor," ujar Saleh kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Saleh menyebut Komisi IX akan melakukan rapat dengan Menteri Kehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Dalam rapat, sebut Saleh, Komisi IX akan mengevaluasi penanganan COVID-19 di Tanah Air.

"Inyaallah hari Senin (4/5) kami akan rapat lagi dengan Menteri Kesehatan. Selain mengevaluasi COVID-19 ini tentu salah satu yang paling erat dengan itu tentang farmasi dan alat kesehatan. Jadi kecukupannya seperti apa, mulai dari APD, ruang esolasi dan kamar," ungkap Saleh.

Saleh mengakui bahwa ketersediaan infrastruktur kesehatan masih jauh dari memadai. Dia menilai peningkatan fasilitas kesehatan harus dimulai dari tingkat puskesmas.

"Saya mengomentari fasilitas kesehatan 1,2 berbanding 1.000, itu benar adanya, termasuk fasilitas Puskesmas yang menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama di seluruh Indonesia itu harus ditingkatkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Jadi, supaya itu bisa betul-betul melayani masyarakat," sebut Saleh.

"Itu Puskesmes itu masih banyak yang bukan rawat inap. Yang rawat inap jarang sekali. Itu harus ditingkatkan sehingga yang 1,2/1.000 itu bisa naik," imbuhnya.

Buntut Corona, Jokowi Sadar Ada Masalah di Sektor Kesehatan:

Selanjutnya
Halaman
1 2