400 Warga Reaktif Corona Saat Rapid Test, 1 Banjar Desa di Bali Diisolasi

Angga Riza - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 21:02 WIB
Sekda Bali, Dewa Made Indra.
Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra (Foto: Istimewa)
Denpasar -

Hasil rapid test sekitar 400 warga Banjar Serokadan, Desa Abuan, Bangli, Bali, dinyatakan reaktif Corona. Mulai hari ini banjar tersebut diisolasi tidak boleh keluar ada yang masuk dan keluar.

"Tadi Bapak Bupati Bangli sudah memutuskan untuk Banjar Serokadan, Desa Abuan, itu mulai hari ini dinyatakan diisolasi tertutup tidak boleh ada keluar-masuk," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bali, Dewa Made Indra, dalam keterangan video, Kamis (30/4/2020).

Indra mengatakan, mulai besok, dapur umum akan disiapkan di Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kabupaten Bangli. Dapur umum ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

"Mulai besok bahkan akan disiapkan dapur umum untuk memberikan pelayanan konsumsi kepada masyarakat di sana untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat keluar masuk Banjar Serokadan tersebut karena di sana paling banyak ditemukan tadi menurut rapid ya," ungkapnya.

Indra menegaskan masalah isolasi desa tidak perlu persetujuan dari siapa pun. Cukup Bupati yang memutuskan, jajaran lainnya tinggal mengikuti.

"Ya dalam skop itu tentu boleh dilakukan dan tidak membutuhkan persetujuan oleh siapa-siapa karena hanya satu banjar, jadi kalau Bupati sudah memutuskan, maka yang lain akan mengikuti," tegas Indra.

(jbr/jbr)