Pojok Sahabat RSCM, Area Melepas Rindu Keluarga dengan Pasien Corona

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 16:54 WIB
Fasilitas Pojok Sahabat di RSCM, Jakpus.
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta -

Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM), Jakarta Pusat, menyiapkan fasilitas kunjungan virtual bagi para keluarga untuk berkomunikasi langsung dengan pasien positif virus Corona (COVID-19). Fasilitas itu bernama Pojok Sahabat.

Pojok Sahabat berada di bagian lobby gedung Kiara RSCM. Pantauan detikcom pada Kamis (30/4/2020), tampak belasan orang duduk menunggu giliran.

Mereka adalah anggota keluarga pasien Corona yang dirawat di RSCM. Karena tak bisa menjenguk langsung, mereka memanfaatkan fasilitas Pojok Sahabat untuk bertegur sapa dengan keluarganya yang dirawat di dalam ruangan khusus melalui video call.

Satu per satu anggota keluarga dipanggil menuju meja depan. Terdapat sebuah tablet yang disediakan petugas sebagai sarana komunikasi dengan pasien.

"Kami membuat satu sistem di mana ada komunikasi antara keluarga dengan pasien yang dirawat melalui komunikasi dengan video atau gadget lainnya, sehingga mereka bisa bertegur sapa saling curhat atau saling bertanya," ujar Dirut RSCM Lies Dina Liastuti, Kamis (30/4/2020).

Sambungan video itu terhubung dengan ruang isolasi pasien. Dari layar tablet, terlihat salah satu pasien yang meringkuk di atas kasur dengan masker dan selang terhubung di tubuhnya.

Pengunjung tampak saling tegur sapa dengan anggota keluarganya yang dirawat. Meski dengan kondisi yang seadanya, pengunjung terlihat lega ketika melihat wajah kerabat masing-masing.

Setiap pengguna fasilitas dibatasi melakukan video call selama 15 menit. Hal itu agar pengunjung lainnya tak menunggu giliran terlalu lama.