Bantuan Alat Medis CT Corp ke RSCM Pakai Produk Lokal dari Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 15:59 WIB
Perlengkapan bantuan medis dari CT Corp di gedung Kiara RSCM.
Perlengkapan bantuan medis dari CT Corp di gedung Kiara RSCM. (sal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

CT Corp memberikan bantuan sejumlah perlengkapan medis untuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Sejumlah bantuan itu merupakan produk lokal.

"Dari total (bantuan) itu 15 persen (produk lokal)," ujar penanggungjawab program bantuan CT Corp ke RSCM, dr Nizar Yamanie, Kamis (30/4/2020).

Yamanie menjabarkan perlengkapan medis buatan lokal yang diserahkan ke RSCM, di antaranya tempat tidur pasien, oxygen mobile, infusion pump, dan syring pump. Peralatan-peralatan tersebut diproduksi di Jawa Barat.

"(Diproduksi di) Bekasi, Kabupaten Bekasi," ujar Nizar.

Nizar mengatakan peralatan medis yang lebih rumit terpaksa diimpor, mulai dari MSCT Scan, ventilator, defibrilator dan monitor bed. Adapun total bantuan dari CT Corp itu senilai puluhan miliar.

"Yang di RSCM itu (peralatan) yang canggih-canggih, bisa dipakai 10-15 tahun. (Bantuannya senilai) Rp 45 miliar," ungkap Nizar.

Dirut RSCM Lies Dina Liastuti mengucapkan terima kasih kepada CT Corp atas bantuan yang diberikan. Lies menyebut alat medis dari CT Corp terbilang canggih dan dinilai dapat membantu penanganan pasien COVID-19.

"Alat-alat yang diberikan ini memang alat-alat canggih, alat-alat yang dibutuhkan untuk penanganan khusus pasien pasien-yang mengalami kegawatan ICU dan HCU," kata Lies.

"Kemudian juga alat-alat untuk diagnostik supaya kita bisa mengetahui kondisi paru-parunya (pasien) yaitu dengan radiologi dan juga CT scan. Jadi alat-alat yang diberikan itu memang luar biasa berupa ventilator, kemudian monitor sehingga pasien itu bisa terlihat, bagaimana kondisi tekanan darah dan lain-lainnya dari jarak jauh sehingga perawat tidak harus langsung menyentuh (pasien) bisa melihat dari gambaran yang ada di monitor tersebut," papar dia menambahkan.

Lies mengatakan bantuan peralatan medis itu diletakkan di lantai 4 Gedung Kiara RSCM. Ia menyebut peralatan itu secepatnya dapat dioperasikan.

Ada Bantuan CT Corp, RSCM Tambah Kapasitas Tangani Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2