CT Corp Serahkan Bantuan Alat Canggih ke RSCM untuk Tangani Corona

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 11:50 WIB
Menkes Terawan bersama Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengecek salah satu perlengkapan ICU di Gedung Kiara RSCM (Dok. Istimewa)
Foto: Menkes Terawan bersama Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengecek salah satu perlengkapan ICU di Gedung Kiara RSCM (Dok. Istimewa)
Jakarta -

CT Corp bersama Bank Mega memberikan bantuan berupa perlengkapan medis ICU dan HCU ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Bantuan hibah tersebut guna meningkatkan pelayanan RSCM dalam menangani pasien Corona di gedung Kiara.

Perlengkapan itu berupa 20 intensive care unit (ICU) bed dan 75 high care unit (HCU) bed. Selain ke RSCM, CT Corp juga memberikan bantuan serupa kepada Rumah Sakit Khusus Infeksi Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.

"Kami semua merasa prihatin terhadap apa yang menimpa negeri, kita berharap badai cepat berlalu. Kami ingin berkontribusi untuk menangani pusat pandemi, yaitu di Jakarta melalui RSCM dan di Surabaya melalui RS Unair," ujar Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, melalui teleconference, Kamis (30/4/2020).

Selain ICU bed dan HCU bed, bantuan yang diberikan CT Corp yakni 128 unit multislice computed tomography (MSCT) scan, 1 digital mobile X-Ray, 20 ventilator, 95 monitor bed, 105 infusion dan sring pump, EKG dan defibrilator, central monitor, oxygen mobile, dan berbagai perlengkapan pendukung.

"Peralatan yang kami sumbangkan ini adalah peralatan-peralatan yang relatif canggih dan sangat modern dan bisa digunakan untuk 10-15 tahun yang akan datang. Kami berharap peralatan medis ini juga dapat efektif digunakan tindak hanya di masa COVID ini tapi juga dapat digunakan setelah masa COVID ini selesai," kata Chairul Tanjung.

CT Corp bersama Bank Mega menginisiasi langkah besar ini, didukung oleh Astra Group dan Indofood. Acara penyerahan perlengkapan medis Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU) digelar di lokasi bangsal penanggulangan COVID-19, yakni di Gedung Kiara RSCM, Jl Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat.

Chairul Tanjung berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan pelayanan RSCM dalam menangani pasien COVID-19. Selain itu ia berharap dapat mengurangi angka kematian karena COVID-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala Satgas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Doni Monardo, Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wiroatmodjo, Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti, Dewan Pengawas RSCM, dan GM Head of Corporate Communicatons ASTRA, Boy Kelana Soebroto turut hadir di acara ini. Hadir melalui video conference Direktur Utama ASTRA International, Prijono Sugiarto lewat video conference; Direktur Utama Bank Mega, Kostaman Thayib; dan Direktur Indofood, Franciscus Welirang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berterima kasih atas bantuan dari CT Corp dan Bank Mega. Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat memberikan semangat bagi para tenaga medis untuk memberikan pelayanan optimal kepada pasien COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari bapak Chairul Tanjung melalui CT Corp dengan hibah paket alat kesehatan untuk ruang ICU COVID-19 di Gedung Kiara ini. Dengan bantuan ini dapat mendukung dan mengoptimalkan pelayanan intensif bagi pasien COVID-19 di RSCM," kata Terawan.

(isa/gbr)