Teka-teki Penyakit Bu Tien: Dulu Serangan Jantung, Kini Sesak Napas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 11:39 WIB
Ilustrasi Tien Soeharto
Foto Ilustrasi Tien Soeharto (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Putri pertama Presiden RI ke-2 Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut Soeharto/Mbak Tutut), telah mengklarifikasi hoax 24 tahun silam yang menyebut ibunya, Tien Soeharto, wafat karena tertembak oleh pistol putra Bu Tien. Namun, penyakit yang menyebabkan Bu Tien wafat masih menjadi teka-teki.

Mbak Tutut mengungkapkan cerita detik-detik wafatnya sang Ibunda melalui situs pribadinya. Cerita ini dia dengar langsung dari ayahnya, Soeharto. Menurut sang ayah, Bu Tien tidak merasakan sakit, tetapi sulit bernafas. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 3 dinihari.

"Ibumu pagi itu, mengeluh. 'Bapak, aku kok susah nafas yo'. Bapak tanya mana yang sakit bu. Ibumu bilang 'Ora ono sing loro (tidak ada yang sakit), mung susah nafas pak (hanya susah nafas pak),'" tulis Tutut menceritakan obrolannya dengan sang ayah, seperti dilihat detikcom, Kamis (30/4).

Selain itu, Bu Tien tak mengeluhkan sakit di dadanya. Kemudian sang ayah langsung membawa sang ibu ke rumah sakit.

"Bapak bertanya lagi, 'Dadanya sakit nggak bu'. Ibumu berbisik 'Ora ono (tidak ada)'. Bapak rebahkan ibu dengan bantal yang agak tinggi, karena ibumu susah nafasnya. Bapak panggil ajudan untuk segera menyiapkan ambulans. Ibu harus dibawa ke rumah sakit segera," lanjut Tutut.

Namun, saat takdir Tuhan berkata lain. Bu Tien akhirnya wafat saat dalam perjalanan menuju rumah sakit. Tien Soeharto wafat pada 28 April 1996.

Cerita ini sekaligus membantah hoax yang menyebut Bu Tien wafat karena tertembak pistol putranya. Kala itu, Bu Tien diisukan wafat usai melerai baku tembak Tommy dan Bambang yang berebut proyek mobil nasional.

Selanjutnya
Halaman
1 2