Ramadhan Saat PSBB, Shopee Ajak Bayar Zakat dan Donasi Online

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 19:15 WIB
Shopee
Foto: dok Shopee
Jakarta -

Bulan Ramadhan tahun ini berbarengan dengan imbauan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Bagi yang ingin membayar zakat, tidak perlu khawatir, karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Shopee pada program Shopee Barokah.

"Berdonasi, bersedekah, itu juga bisa dilakukan di halaman Shopee Barokah," ujar Public Relation Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi dalam telekonferensi di YouTube resmi Shopee, Rabu (29/4/2020).

Program Shopee Barokah diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim selama Ramadhan, mulai dari belanja berbagai produk-produk muslim hingga fasilitas pembayaran zakat online. Shopee mengajak pengguna untuk memanfaatkan fasilitas ini sekaligus agar rantai penyebaran COVID-19 bisa terputus.

"Masuk ke halaman Shopee Barokah, di situ ada halaman donasi, ada dua halaman yang pertama untuk menunaikan zakat fitrah dan satu lagi untuk donasi sembako untuk mendukung pengguna yang sedang tertimpa pandemi ini," lanjut Aditya.

Fasilitas ini mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran zakat selama masa PSBB sekaligus untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah saja.

Selain membayar zakat, dalam rangka memutus penyebaran COVID-19, Shopee juga mengajak pengguna berdonasi melalui program kerja sama dengan Benihbaik.com, Dukungan Sembako Untuk COVID-19.

"Pada setiap kampanye Big Ramadhan Sale kita selalu mengedepankan inisiatif-inisiatif baik, baik itu berdonasi, bersedekah dan lain sebagainya. Untuk tahun ini bersama dengan Benihbaik kami sedang menjalankan kampanye donasi kebutuhan sembako bagi orang-orang yang tidak dapat melakukan kegiatan ekonominya di tengah pandemi ini", lanjut Aditya.

Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke pihak yang benar-benar membutuhkan. Untuk mendukung hal ini, Benihbaik bekerja sama dengan PMI dalam pendistribusian bantuan.

Co-Founder Benihbaik, Andy F. Noya menjelaskan bahwa di satu sisi, anak-anak muda ingin melakukan hal-hal baik untuk menolong masyarakat terdampak COVID-19 namun karena adanya imbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja, maka mereka tidak bisa keluar menggalang dana.

Andy menyebut, Shopee melakukan terobosan yang baik untuk menghadirkan fitur donasi online dan pihaknya mendukung program Dukungan Sembako Untuk COVID-19 dengan memastikan donasi tersebut tersampaikan ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Kami serahkan donasi ke PMI. Karena PMI yang punya kemampuan untuk akses pembelian maupun pengadaan dan pendistribusian (sembako). Jadi sampai ke orang-orang yang memang kita tuju, jadi tepat sasaran," ujar Andy.

(ega/ega)