Arahan KPK Agar Sumbangan Terkait Corona Tak Jadi Gratifikasi

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 12:56 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Foto: Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membuat prosedur tentang pemberian atau penerimaan sumbangan dalam rangka penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19). Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan prosedur tersebut dibuat agar sumbangan yang diberikan atau diterima tak dikatakan sebagai gratifikasi.

"KPK juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang gratifikasi pak," kata Firli dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI yang disiarkan secara langsung di YouTube DPR, Rabu (29/3/2020).

Firli menjelaskan SE yang dimaksud berisi tentang prosedur yang harus dijalankan ketika menerima sumbangan. Mulai dari mendata identitas pemberi, bentuk sumbangan, hingga mempublikasikan pemberian atau penerimaan sumbangan harus juga dilakukan.

"ini ada kami sampaikan rambu-rambunya pak. Pertama harus tahu siapa yang memberi, kedua jumlahnya berapa, ketiga akan disebarkan atau didistribusikan ke mana, keempat ada administrasinya," papar Firli.

"Kelima dipublikasikan tentang pemberian atau penerimaan barang tersebut, yang keenam adalah harus membuat catatan, atau pembukaan tentang penerimaan barang terkait dengan penanganan COVID-19," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK telah membuat rambu-rambu terkait pengadaan barang/jasa dalam rangka penanganan wabah virus Corona di Tanah Air. Ada 8 rambu yang dibuat untuk mencegah terjadinya korupsi dalam penanganan pandemi virus Corona, yakni:

1. Tidak melakukan persekongkolan dalam rangka pengadaan barang dan jasa
2. Tidak memperoleh kickback dari penyedia
3. Tidak mengandung unsur penyuapan
4. Tidak mengandung unsur gratifikasi
5. Tidak adanya benturan kepentingan dalam pengadaan barang dan jasa
6. Tidak ada kecurangan
7. Tidak berniat jahat dengan memanfaatkan kondisi darurat bencana
8. Tidak membiarkan terjadinya tindak pidana korupsi

Tonton juga video KPK Tangkap Ketua DPRD-Plt Kadis PUPR Muara Enim:

(zak/dhn)