BMKG: Medan Mulai Masuk Musim Hujan, Warga Waspada Genangan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 17:28 WIB
ilustrasi hujan
Foto Ilustrasi (Thinkstock)
Medan -

Kota Medan terus diguyur hujan setiap sore hingga malam dalam beberapa hari terakhir. BMKG mengatakan saat ini Medan memang mulai memasuki musim hujan.

"Saat ini beberapa wilayah di Kota Medan dan sekitarnya sudah memasuki fase awal musim hujan," kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I-Medan, Edison Kurniawan, Selasa (28/4/2020).

Edison juga menjelaskan soal kondisi cuaca yang panas dari pagi hingga siang hari di Medan. Menurutnya, kondisi tersebut wajar terjadi di awal musim hujan.

"Karena pada siang hari terjadi pemanasan yang cukup efektif sehingga proses penguapan menjadi optimal," sebut Edison.

Dia mengatakan penguapan yang terjadi itu kemudian bakal turun dalam bentuk hujan pada malam ataupun menjelang pagi. Hujan, kata Edison, bakal turun dengan intensitas sedang hingga tinggi.

"Umumnya pada fase awal musim hujan, ini umumnya terjadi pada malam/menjelang pagi hari dengan intensitas sedang hingga tinggi," ujar Edison.

Edison mengimbau masyarakat waspada terhadap genangan yang berpotensi terjadi. Dia meminta warga membersihkan saluran air agar tidak menyebabkan genangan air.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar waspada dengan membersihkan saluran atau drainase agar tidak menyebabkan genangan," ucapnya.

(haf/haf)