KPAI-FSGI: 53% Guru Berorientasi Kurikulum Saat Belajar dari Rumah

Rahel Narda Catherine - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 15:50 WIB
Dua anak belajar dengan bimbingan orang tuanya di rumahnya, Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (15/4/2020). Dinas Pendidikan daerah setempat mengimbau kegiatan belajar dari rumah tersebut diperpanjang dengan batas waktu yang belum ditentukan untuk mengurangi interaksi sosial sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.
Proses belajar dari rumah. (Akbar Tado/Antara Foto)


Dalam survei tersebut, menunjukkan banyak guru yang hanya menggunakan media sosial saat melakukan belajar dari rumah. Sebanyak 83,4 persen guru menggunakan media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Line, Facebook, dan Instagram.

"Penggunaan medsos dominan di gunakan dalam pembelajaran daring," kata Wasekjen FSGI Fahriza Tanjung dalam kesempatan yang sama.



Menurut Fahriza, penggunaan medsos dalam PJJ disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan medsos. Dia menambahkan, selain guru, para siswa juga sudah fasih dalam menggunakan medsos.

"Kami sampaikan bahwa menonjolnya penggunaan media sosial ini karena memang sudah biasa digunakan oleh guru kemudian juga sudah biasa digunakan oleh siswa sehingga mungkin ini menjadi pilihan bagi guru untuk melaksanakan PJJ," ujar Fahriza.

selanjutnya
Halaman

(dkp/dkp)