Data Pasien Corona di RI Didominasi Laki-laki, IDI: Karena Faktor Mobilitas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 08:32 WIB
Ilustrasi Corona
Foto: Ilustrasi Corona
Jakarta -

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia yang telah mencapai angka 8.882 didominasi oleh laki-laki. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai dominasi laki-laki yang terinfeksi virus Corona itu bisa disebabkan karena faktor mobilitas yang tinggi.

"Faktor jenis kelamin ini sebetulnya tidak ada yang spesifik tapi paling tidak menggambarkan bahwa mobilitas penduduk itu tercermin laki-laki yang lebih banyak tertular, karena faktor mobilitasnya," kata Humas IDI, dr Halik Malik saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Halik menyebut profil demografi dari penderita virus Corona itu memang diperlukan. Menurutnya, bukan saja faktor mobilitas yang tinggi menjadi penyebab seseorang dapat terinfeksi Corona, ada faktor lain seperti usia, pekerjaan, hingga penyakit bawaan dapat dengan mudah virus Corona menjangkit seseorang.

"Tapi yang lainnya banyak faktor lagi, misalnya terkait pekerjaan, kemudian terkait penyakit penyerta. Jadi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah juga rentan untuk tertular. Kita bersyukur dengan makin lengkapnya data, semua data terintegrasi dan pemerintah semakin transparan untuk diakses dan kita menganalisa lebih lanjut terkait pola penyebaran wabah Corona di Indonesia," katanya.

"Jadi dari profil demografi itu banyak variable, tadi usia, jenis kelamin, pekerjaan kemudian intensitas paparan barangkali paparannya lebih tinggi kan karena banyak beraktivitas di luar rumah misalnya," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia hingga kemarin mencapai angka 8.882. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo mengatakan angka tersebut didominasi oleh laki-laki.

"Adapun persentase perbandingan antara wanita dan pria yang menjadi korban COVID-19, laki-laki mencapai 59,47% sedangkan perempuan adalah 41,03%," kata Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (27/4/2020).

Update Corona di Indonesia: 9.096 Positif, 1.151 Sembuh, 765 Meninggal:

(fas/lir)