Yakini Kim Jong Un Masih Hidup, Trump: Saya Harap Dia Baik-baik Saja

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 06:51 WIB
Virus corona: Sebut perang dagang dengan China, Trump dorong spekulasi tentang asal-usul Covid-19
Donald Trump (Foto: BBC World)
Washington -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkonfirmasi bahwa Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un masih hidup. Trump berharap Kim dalam keadaan baik-baik saja setelah berhari-hari spekulasi tentang keberadaannya.

Saat ditanya apakah dia memiliki informasi terbaru tenang kesehatan Kim Jong Un Trump mengatakan "Ya, saya punya ide sangat bagus, tetapi saya tidak bisa membicarakannya sekarang. Saya hanya berharap dia sehat," kata Trump di Gedung Putih seperti dilansir AFP, Selasa (28/4/2020).

"Saya berharap dia baik-baik saja. Aku tahu bagaimana keadaannya secara relatif," imbuhnya.

Trump mengatakan "Mungkin anda akan mendengar kabar tentang Kim beberapa waktu ke depan," katanya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diisukan meninggal dunia. Rumor tersebut muncul setelah lebih dari sepekan beredar kabar mengenai memburuknya kesehatan Kim Jong Un.

Jong Un sebelumnya diisukan meninggal dunia. Rumor tersebut muncul setelah lebih dari sepekan beredar kabar mengenai memburuknya kesehatan dirinya.

Isu Kim Jong Un meninggal mulanya dihembuskan Wakil Direktur Hong Kong Satellite Television (KHSTV), Shijian Xingzou. Xingzou mengaku mendapatkan informasi itu dari "sumber yang sangat kuat".

Kim Jong Un beberapa pekan ini memang tengah dikabarkan sakit. Rumor tersebut muncul sejak ketidakhadirannya pada peringatan hari ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung, pendiri Korea Utara, pada 15 April lalu.

Namun negara tetangganya, Korea Selatan membantah rumor yang berkembang dan mengatakan Jong Un dalam keadaan 'hidup dan sehat'

(lir/aud)