Round-Up

Nelangsa Pasien Corona Kecelakaan Akibat Ambulans Pecah Ban

Matius Alfons - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 22:01 WIB
Ambulans Bawa Pasien Positif Corona di Aceh Alami Kecelakaan.
Ambulans Bawa Pasien Corona Kecelakaan di Aceh (Dok. Ditlantas Polda Aceh)
Aceh -

Insiden memilukan terjadi ketika seorang pasien positif virus Corona asal Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, mengalami kecelakaan di Aceh Jaya. Kecelakaan itu terjadi lantaran ambulans yang membawa pasien tersebut mengalami pecah ban.

"Kecelakaan terjadi akibat pecah ban belakang sehingga mobil hilang kendali," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Sabtu (25/4/2020).

Insiden kecelakaan tersebut terjadi siang tadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, ambulans yang dikemudikan Taufiq Hidayat (32) sedang membawa pasien positif Corona berinisial AS dari Abdya ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Setibanya di lokasi kejadian persisnya di Desa Lamtui, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, ban belakang sebelah kanan ambulans pecah. Akibatnya, mobil hilang kendali dan tergelincir keluar badan jalan sehingga mengalami kecelakaan.

Hal yang memilukan terjadi ketika sopir dan perawat berpakaian hazmat tampak duduk di pinggir jalan tanpa ada satu pun yang menolong. Namun, setelah ambulans pengganti dari Dinas Kesehatan Aceh Jaya datang, mereka melanjutkan perjalanan ke RSUZA Banda Aceh.

"Kita tidak melakukan penyitaan mobil ambulans BL-9071-C karena langsung diamankan oleh Dinas Kesehatan. Ini dikarenakan penumpang AS merupakan pasien positif COVID-19," kata Dicky.

"Tidak ada yang mengalami luka-luka dalam kejadian ini. Sopir, perawat, dan pasien AS melanjutkan perjalanan ke RSUZA dengan ambulans milik PSC Aceh Jaya," tambahnya.

Kejadian ambulans kecelakaan tersebut bukan yang pertama. Sebelumnya, kecelakaan ambulans juga terjadi di Lhoksukon, Aceh Utara, pada Kamis (23/4). Saat itu ambulans sedang dalam perjalanan membawa pasien dalam pengawasan (PDP) Corona dari Aceh Tamiang ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh dan mengalami kecelakaan karena sopir diduga mengantuk.