4 Syarat Sah Puasa, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 18:21 WIB
Buka Puasa
Syarat sah berpuasa. Foto: iStock
Jakarta -

Syarat sah puasa adalah syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Muslim agar ibadahnya diterima oleh Allah Swt.

Hal ini dimaksudkan agar semua hal yang membuat ibadah puasa menjadi sah hukumnya. Bila ada salah satu syarat yang tidak ada, maka ibadahnya tidak sah.

Dikutip dalam buku berjudul 'Puasa, Syarat, Rukun, Yang Membatalkan' oleh Ahmad Sarwat, Lc., MA berikut beberapa syarat sahnya puasa:

1. Niat


Para ulama selain Asy-Syafi'iyah, seperti Al- Hanafiah, Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah meletakkan niat sebagai syarat puasa.

Dari Hafshah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"Barang siapa yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya." (HR. Tirmidzy, An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Bila seseorang berpuasa tapi lupa atau tidak berniat, maka puasanya tidak sah. Maksudnya puasa wajib bulan Ramadhan atau puasa wajib nazar atau puasa wajib qadha.

2. Beragama Islam


Para ulama memandang bahwa keislaman seseorang bukan hanya menjadi syarat wajib untuk berpuasa, tetapi juga sekaligus menjadi syarat sah untuk berpuasa.

3. Suci dari Haidh dan Nifas


Suci dari haidh dan nifas selain menjadi syarat wajib juga sekaligus menjadi syarat sah dalam berpuasa.

Dalil untuk tidak berpuasanya seorang wanita yang sedang haidh adalah hadits Aisyah ra berikut ini:

"Kami (wanita yang haidh atau nifas) diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha sholat." (HR. Muslim).

Dan para ulama sepakat bahwa seorang wanita yang nifas terikat dengan hukum yang berlaku pada wanita yang haidh.

4. Pada Hari yang Diperbolehkan


Syarat sah puasa lainnya adalah hanya boleh dilakukan pada hari-hari yang diperbolehkan puasa. Bila melakukan puasa pada hari-hari yang dilarang, maka puasanya tidak sah atau haram dilakukan.

Adapun hari-hari yang terlarang untuk melakukan puasa antara lain adalah Hari Raya Idul Fithri dan Idul Adha, hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12, dan 13 bulan Dzulhijjah.

(lus/erd)