Ketika Tokoh-Selebriti Berbagi Solusi dan Donasi Kolektif untuk Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 14:37 WIB
Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi
Foto: Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi
Jakarta -

Para tokoh dan selebriti berbagi solusi untuk kehidupan akibat pandemi virus Corona. Bagaimana jadinya?

Lewat event talk show interaktif dengan format digital #SharingSolusi yang diselenggarakan 17, 18, 19 April 2020 lalu, sederet tokoh dan selebriti turut berpartisipasi membantu mencari solusi dengan beragam tema menarik. Mereka membagikan solusi praktis kehidupan (life hacks) yang dapat langsung dipraktikkan di kehidupan sehari-hari.

Sederet tokoh dan selebriti yang turut berpartisipasi dalam event 3 hari online sharing ini mengangkat tema dengan solusi yang sesuai bidang masing-masing. Temanya seperti bagaimana 'Berjuang dan Memimpin di Masa Krisis bersama Handry Satriago', 'Menjalani Pendidikan Online dan Keluarga di Masa Covid-19' bersama Najelaa Shihab dan Meisya Siregar, 'Sehat dan Tenang di Masa Covid-19' bersama Prof. Hasbullah dan Dr. Reisa Broto Asmoro, 'Menjalani kehidupan Online dan Komunitas' bersama Vikra Ijas dan Hedi Yunus, 'Meditasi Anti-Stress' bersama Aprishi Allita, 'Tips Mengatur Keuangan di Masa Krisis' bersama Indah Hapsari, 'Bahagia dengan Komunikasi' bersama Vivit Kavi dan Vena Annisa sampai 'Menghibur diri Lewat Musik Interaktif' bersama Yovie Widianto.

Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusiTalkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi Foto: Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi



#SharingSolusi yang baru pertama kali diselenggarakan V&V Communications dan bekerja sama dengan sejumlah pihak mendapat tanggapan positif dari masyarakat, khususnya para anak muda yang menjadi dampak terbesar dari pandemi ini. Lebih dari 10.000 partisipan turut berpartisipasi di event #SharingSolusi ini. Tak hanya sekadar menonton dan menyimak saja, hampir semua peserta juga diajak berdiskusi, saling berbagi pengalaman dan mencari solusi secara langsung bersama para pembicara.

Kesuksesan event #SharingSolusi ini tak lepas dari peran pembicara yang sudah memberikan waktu dan ilmunya kepada semua peserta. Kontribusi ini karena panggilan jiwa untuk berbagi solusi di masa sulit, seperti yang diungkapkan Handry Satriago, CEO GE Indonesia dalam sesi 'Berjuang dan Memimpin di Masa Krisis'.

"Di masa susah seperti saat ini, satu hal yang yang tidak ikut susah adalah proses belajar. Dan di masa krisis seperti ini, penting bagi kita untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang mau mendengar suara orang lain, rendah hati, dan kuat plus jujur dan apa adanya. Saya senang sekali dapat saling belajar dan berbagi pengalaman berjuang di masa krisis/susah dan 'lesson learn' yang semoga bisa bermanfaat."

Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusiTalkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi Foto: Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi



Di sesi 'Menjalani Pendidikan Online dan Keluarga di Masa Covid-19', Najelaa Shihab menyampaikan sebuah statement yang sangat tepat untuk bisa diterapkan oleh para orang tua. "Kita sebagai orang tua bukan ingin membentuk anak yang penurut, tapi lebih sebagai anak yang sadar dan berdaya."

Untuk 'Tips Mengatur Keuangan di Masa Krisis', Indah Hapsari menyampaikan pentingnya menggunakan dana darurat yang sudah kita siapkan untuk 12 bulan ke depan secara efektif dan efisien dalam situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Dan jika masih ada rejeki atau dana lebih, tak ada salahnya digunakan untuk membantu atau berdonasi ke pihak yang membutuhkan."

Sementara untuk menjaga stabilitas tubuh agar tidak stress, Aprishi Allita memberikan cara latihan pernapasan sederhana yang difokuskan ke breathe in dan breathe out dengan melatih pelan-pelan selama 5 menit setiap harinya.

Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusiTalkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi Foto: Talkshow interaktif dengan format digital #SharingSolusi



"Konsep materi #SharingSolusi yang kami suguhkan adalah problematika yang kita semua hadapi saat ini dan lewat event ini kami berusaha membantu mencarikan solusi bersama. Semua materi yang disampaikan kami kemas untuk bisa dipraktikkan, bukan hanya stop di inspirasi semata. Dan bersyukurnya, hampir semua peserta memberikan komentar merasa terbantu setelah mengikuti #SharingSolusi ini," cerita Vena Annisa selaku COO dan Co-founder V&V Communications.

Online Sharing 3 hari yang dibawakan live dipandu bergantian oleh Vena Annisa, Vivit Kavi dan Firza Daud ini tak hanya sekadar berbagi pengalaman dan solusi praktis kehidupan saja, tapi juga menggalang donasi. Semua donasi yang diterima lewat event #SharingSolusi ini 100% dikontribusikan untuk dunia pendidikan Indonesia dan para garda depan tenaga medis dalam menghadapi COVID-19.

"Lewat #SharingSolusi ini kami berharap tak hanya sekadar bisa saling membantu dengan cara yang sederhana dengan berbagi tentang solusi praktis yang bisa langsung dipraktikkan orang, tapi juga bisa memberikan kontribusi untuk bersama berjuang untuk Indonesia dengan cara yang kita mampu lakukan. Kami berharap #SharingSolusi bisa menjadi media yang bermanfaat untuk menjadi sumber solusi," ujar Vivit Kavi, CEO dan co-founder V&V Communications.

(gbr/dhn)