Imbas Pernyataan 'Hamil di Kolam Renang', Komisioner KPAI Resmi Dicopot!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 10:06 WIB
Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty
Sitti Hikmawatty (Foto: Dok. KPAI)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberhentikan Sitti Hikmawatty dari jabatan komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pemberhentian Sitti tertuang dalam keputusan presiden (keppres).

Keppres bernomor 43/P Tahun 2020 diteken Jokowi pada Jumat (24/4). Jokowi menimbang surat dari KPAI serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) perihal usul pemberhentian dengan tidak hormat terhadap Sitti. Sitti dinilai melanggar kode etik didasari keputusan Dewan Etik KPAI.

"Memberhentikan tidak hormat Dr. Sitti Hikmawaty, S.ST., M.Pd. sebagai anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia periode 2017-2022," tulis Keppres yang diteken Jokowi.

Pihak Sekretariat Negara (Setneg) juga sudah membenarkan isi Keppres tersebut. "Betul," ujar Plt Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Setya Utama, Senin (27/4/2020).


Sitti sebelumnya sempat menjadi polemik karena pernyataan tentang 'wanita berenang di kolam renang bersama pria bisa hamil'. KPAI sudah merekomendasikan Sitti dicopot dari jabatannya.

Simak juga video Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty Minta Maaf Soal 'Kehamilan di Kolam Renang':

Selanjutnya
Halaman
1 2