ADVERTISEMENT

Erlangga Group Donasi Alat Riset buat Pengembangan Vaksin COVID-19

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 08:59 WIB
Erlangga
Foto: Dok. Erlangga
Jakarta -

Penerbit Erlangga menyalurkan bantuan berupa alat dan barang penelitian ke Universitas Indonesia (UI) dalam pengembangan vaksin COVID-19. Ini dilakukan untuk mendukung upaya dalam pencegahan penyebaran dan penanganan COVID-19 di Indonesia.

"UI saat ini melakukan penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19, oleh karena itu sesuai komitmen kami sebelumnya apabila ada lembaga lain yang benar-benar mendedikasikan diri untuk melakukan penelitian mengenai vaksin COVID-19, sebisa mungkin akan dibantu," ujar Assistant Managing Director Penerbit Erlangga Rikki L. Tobing dalam keterangan tertulis, Senin (27/4/2020).

Rikki mengatakan donasi ini merupakan aksi lanjutan dari kepedulian perusahaan terhadap percepatan penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19. Sebelumnya donasi serupa diberikan kepada kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Tim Penelitian COVID-19 Sumatera Utara.

Bantuan diserahkan Erlangga Group kepada Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran UI, dr. Anis Karuniawati SpMK, Ph. D.

"Kami fakultas menyambut baik, sangat berterima kasih, mengapresiasi, dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Erlangga atas dukungan untuk penelitian terhadap vaksin COVID-19," ujar dr. Anis.

Sebelumnya, selain memberikan donasi kepada penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19, Erlangga Group, kata Rikki, juga menyerahkan sumbangan kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna membantu tenaga kesehatannya dalam merawat dan mengobati pasien COVID-19.

Terhitung, hingga 8 April 2020 lalu, Erlangga juga telah memberikan ribuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan di rumah sakit.

"Selain APD, kami juga memberikan, vitamin, susu, dan snack sehat, sehingga daya tahan tubuh mereka juga tetap terjaga. Donasi kami salurkan ke 16 rumah sakit rujukan di Jabodetabek dan luar Jabodetabek," tambah Rikki.

"Selain itu, sumbangan juga kami salurkan melalui lembaga MUI, NU, Muhammadiyah, PGI, MNPK atau KWI, PHDI, BNPB, ILUNI, dan Pemkot Surabaya," imbuhnya.

Sebelumnya, Penerbit Erlangga telah melakukan sejumlah kegiatan baik yang diperuntukkan bagi pihak internal maupun eksternal dalam menghadapi pandemi COVID-19 yakni berupa pengecekan suhu tubuh karyawan secara berkala, menyediakan masker dan hand sanitizer di sejumlah titik ruangan kantor, menerapkan mekanisme work from home (kerja dari rumah), hingga pemberian bantuan berupa alat dan fasilitasi penyemprotan disinfektan ke sejumlah sekolah dan rumah warga. Lalu membantu menggaungkan imbauan dan kebijakan pemerintah tentang informasi COVID-19 (dos dan don'ts) melalui media daring dan luring.

Erlangga juga mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh yang aktif dan menyenangkan dengan melakukan pendampingan guru mengajar online, penyediaan alat bantu belajar jarak jauh (donasi mikrofon untuk guru), lomba guru online, kelas parenting online, hingga penyelenggaraan webinar untuk jenjang perguruan tinggi.

"Menanggapi kejadian luar biasa ini, Penerbit Erlangga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu melawan COVID-19 dengan prinsip Indonesia Pasti Bisa, Semangat!" ujarnya.

Dua Sukarelawan yang Disuntik Vaksin Covid-19 di Oxford:

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT