Sepakat Perpanjang PSBB, 5 Kepala Daerah di Bodebek Akan Ajukan Proposal ke RK

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 21:58 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (Foto: Pemkot Bogor)
Bogor -

Masa berlaku pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) akan segera berakhir. Kepala daerah yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi sepakat untuk memperpanjang PSBB di daerahnya.

"Setuju perpanjangan (PSBB)," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, ketika dihubungi, Minggu (26/4/2020).

Dedie mengatakan kepala daerah di Bodebek melakukan pertemuan di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, sore tadi. Dari 5 kepala daerah, Wali Kota Depok Mohammad Idris tak hadir dalam pertemuan tersebut. Namun Idris, kata Dedie, melakukan komunikasi dengan kepala daerah lainnya via telepon.

"Intinya (5 kepala daerah Bodebek) menyetujui perpanjangan tapi dengan catatan," ujarnya.

Catatan yang dimaksud Dedie yaitu 5 kepala daerah Bodebek ingin agar Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bisa dilaksanakan dengan lebih konsisten. Dedie mengatakan Bodebek ingin agar Kemenkes bisa berkoordinasi dengan kementerian lain agar Permenkes itu tidak tumpang-tindih.

"Contohnya yang tidak dikecualikan selain industri strategis. Tetapi dalam kenyataannya ada rekomendasi-rekomendasi dari Kementerian Perindustrian dan (Kementerian) Perdagangan ya. Jadi itu salah satu," ungkap Dedie.