Ada Potensi Krisis Pangan karena Corona, BPIP Imbau Warga Mulai Menanam

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 11:25 WIB
Romo Benny Susetyo CNN IndonesiaSafir Makki
Romo Benny Soesetyo, Stafsus Dewan Pengarah BPIP (Pool)
Jakarta -

Wabah virus Corona membawa potensi bahaya krisis pangan. Masyarakat di Indonesia perlu mengantisipasi bahaya tersebut. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mulai mengimbau warga menanam tanaman pangan.

"Sampai saat ini dunia belum menemukan vaksin virus Corona dalam situasi ketidakpastian global akan memengaruhi kehidupan ekonomi dunia, maka perlu antisipasi untuk mengatasi krisis ekonomi termasuk krisis pangan," kata Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo dalam keterangan pers tertulis, Minggu (26/4/2020).

Dia mengajak warga memanfaatkan lahan kosong untuk menanam. Soalnya, bahaya krisis pangan memang ada di seluruh dunia.

"Melihat krisis global yang terjadi semua negara kebutuhan pangan amat dibutuhkan dan setiap negara akan mengamankan kebutuhan pangannya, maka perlu diantisipasi gerakan masyarakat," kata Benny.

Aksi gerakan menanam ini juga mudah dilakukan cukup dengan memanfaatkan bahan bekas, seperti botol bekas, kaleng, dan dipadukan dengan sistem hidroponik. Dia menyarankan masyarakat menanam tanaman masa panen cepat, seperti sayuran, cabe, tomat, dan singkong.

"Gerakan yang sederhana ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan masyarakat dan dampaknya luar biasa untuk antisipasi krisis global," tambah Benny.

Selanjutnya
Halaman
1 2