Ada Maklumat Cegah Corona, Warga Parepare Masih Tarawih Jemaah di Masjid

Hasrul Nawir - detikNews
Sabtu, 25 Apr 2020 22:18 WIB
Salat Tarawih berjemaah masih digelar di Masjid Al-Manar Kelurhan Ujung Bulu, Parepare, meski Pemkot sudah mengeluarkan maklumat (Hasrul Nawir/detikcom)
Foto: Salat Tarawih berjemaah masih digelar di Masjid Al-Manar Kelurhan Ujung Bulu, Parepare, meski Pemkot sudah mengeluarkan maklumat (Hasrul Nawir/detikcom)
Parepare -

Pemkot Parepare sudah mengeluarkan maklumat untuk mencegah penyebaran Corona (COVID-19) yang salah satunya meminta warga salat Tarawih di rumah masing-masing. Namun beberapa masjid di Parepare masih menggelar Tarawih berjemaah.

Salah satunya di Masjid Al-Manar, Kelurahan Ujung Bulu, Kota Parepare. Masih banyak warga berdatangan untuk Tarawih berjemaah.

Tim Penanganan COVID-19 dari Pemkot Parepare yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, serta MUI hadir di lokasi untuk mengimbau warga beribadah di rumah. Namun para jemaah yang datang mengacuhkan tim Penanganan COVID-19.

Beberapa jemaah laki-laki dan perempuan bahkan nekat melompati pagar saat pengurus masjid memutuskan untuk menutup pintu masuk lantaran semakin banyaknya jemaah yang berdatangan. Sempat terjadi ketegangan antara Tim Penanganan COVID-19 dengan para jemaah masjid.

Wakil Ketua Pembangunan Masjid Al-Manar, Muslim Muis, mengaku pihaknya tidak berdaya dengan dorongan jemaah yang ingin tetap melaksanakan salat tarawih. Oleh karena itu, pihaknya tetap menggelar salat Tarawih dengan mengikuti protap kesehatan.

Jemaah melompati pagar saat pintu masuk masjid ditutup (Hasrul Nawir/detikcom)

"Ini karena desakan dari jamaah jadi kalau ada Bapak-bapak yang melarang mereka datang, berarti lepas tanggung jawab kami. Dan kami sama sekali takut melarang mereka, karena kami jadi sasaran," ujarnya.