Negatif Tes Swab, 12 Jemaah Tablig Gorontalo Alumni Ijtima Gowa Dipulangkan

Ajis Khalid - detikNews
Sabtu, 25 Apr 2020 13:20 WIB
Negatif Tes Swab, 12 Jemaah Tablig Gorontalo Alumni Ijtima Gowa Dipulangkan
Foto: Ajis Khalid/detikcom
Gorontalo -

12 jemaah tablig di Gorontalo yang merupakan alumni ijtima dunia di Kabupaten Gowa, dipulangkan. Mereka dinyatakan negatif Corona (COVID-19) dari hasil tes swab.

Kepala Posko Karantina COVID 19 Provinsi Gorontalo Sumarwoto menjelaskan 12 jemaah tablig itu sebelumnya diisolasi di mess haji Gorontalo. Mareka dikarantina usai mengikuti acara ijtima dunia.

"12 orang jemaah tablig yang diisolasi dari (hari) pertama. Pertama 2 kali rapid test dinyatakan positif. Kemudian di swab alhamdulillah hasil swab terakhir ini semua dinyatakan negatif. Karena dinyatakan negatif dan sesuai dengan protokol kesehatan dikembalikan kekeluarga mereka masing-masing," kata Kepala Posko Karangtina COVID 19 Provinsi Gorontalo, Sumarwoto, Sabtu (25/4/2020).

Sumarwoto menyebut 12 jemaah tablig itu berasal dari kabupaten dan kota di Gorontalo. Ia merinci 4 orang dari kabupaten Pohuwato, 2 orang dari Kabupaten Boalemo, 3 orang dari Kabupaten Gorontalo, 2 orang dari Kota Gorontalo dan 1 orang dari Kabupaten Gorontalo.

"Jemaah tablig sebelum dipulangkan akan diberikan surat keterangan sehat dan bisa kembali kemasyarakat," jelas Sumarwoto yang juga menjabat sebagai sekretaris gugus tugas COVID-19 Provinsi Gorontalo.

Dia menambahkan terdapat 23 jemaah tablig ijitma dunia yang sedang melalui proses isolasi. "Jadi 35 orang dikurangi 12 jemaah tablig tinggal 23 orang yang masih berada di asrama haji menjalani karantina. 23 orang itu, rincian 22 orang warga dari Kabupaten Boalemo dan satu warga dari Kota Gorontalo," lanjut Sumarwoto.

Sumarwoto menyatakan 22 warga Kabupaten Boalemo yang dikarantina ialah warga yang bekerja di Sulawesi Tengah.

"Karena sesuai prosedur pendatang itu harus di karantina 14 hari. Maka (pemerintah) Kabupaten Boalemo meminta karantina di asrama haji," tutup Sumarwoto.

Simak juga video Mengenal Rapid Test dan Swab Test Virus Corona COVID-19:

(isa/isa)