Dear Bos, Begini Cara Mendaftarkan Pekerja Menjadi Peserta JKN-KIS

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 19:09 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Pemerintah melalui BPJS Kesehatan menghadirkan program jaminan sosial bagi Perusahaan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada pekerja dan anggota keluarganya. Caranya, yaitu dengan mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga sebagai peserta JKN-KIS kategori pekerja penerima upah (PPU).

Dijelaskan Asisten Deputi Bidang Rekrutmen Peserta Pekerja Penerima Upah BPJS Kesehatan Nopi Hidayat, badan usaha dapat mendaftarkan pekerja dan anggota keluarganya menjadi peserta JKN-KIS secara online.

"BPJS kesehatan sebagai lembaga hukum publik memberikan kemudahan pendaftaran peserta Pekerja Penerima Upah. Terdapat beberapa kanal pendaftaran peserta yang dapat diakses secara online oleh badan usaha tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan," ujar Nopi, Jumat (24/4/2020).

Kanal untuk mendaftarkan pekerja antara lain melalui website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id. Ajukan pendaftaran badan usaha dengan mengisi formulir pendaftaran Perusahaan.

Selain itu, pendaftaran bisa juga dilakukan melalui sistem perizinan usaha terintegrasi, Online Single Submission di website www.oss.go.id. Kanal lain untuk mendaftarkan pekerja adalah portal bersama BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjs.go.id.

"Setelah melakukan pendaftaran melalui kanal-kanal online, kami akan mengirimkan link aktivasi ke e-mail perusahaan. Setelah Perusahaan mengaktivasi kepesertaanya, BPJS Kesehatan mengirimkan nomor Virtual Account (VA), user name, dan password aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (Edabu) ke e-mail perusahaan untuk pengisian data pekerja dan anggota keluarganya. Setelah perusahaan melakukan approval di aplikasi Edabu, perusahaan akan mendapatkan tagihan. Kepesertaan JKN-KIS pekerja dan anggota keluarga akan aktif setelah iuran dibayarkan," jelas Nopi.

(ads/ads)