Laode Syarif: Seluruh Kasus di KPK Berawal dari Konflik Kepentingan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 19:02 WIB
Laode M Syarif
Laode M Syarif (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan komisioner KPK Laode M Syarif mengatakan konflik kepentingan merupakan awal perilaku koruptif. Syarif menyebut mayoritas kasus korupsi yang ditangani KPK di eranya berawal dari konflik kepentingan.

"Dan ini banyak, saya bisa pastikan seluruh kasus korupsi yang ditangani KPK ada unsur konflik kepentingan. Karena memperkaya diri sendiri dan orang lain. Tidak ada terjadi memperkaya diri sendiri kalau kita punya kepentingan di situ," kata Syarif saat diskusi daring bertajuk 'Konflik Kepentingan dan Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi', Jumat (24/4/2020).

Ia kemudian mencontohkan satu kasus korupsi terkait adanya unsur konflik kepentingan. Kasus tersebut menjerat eks Bupati Pelalawan, Tengku Azmun Jaafar soal perizinan hutan.

"Kenapa saya sebut bahwa konflik kepentingan adalah tangga korupsi. Contoh Tengku Azmun Jaafar, Bupati Pelalawan. Dia mengeluarkan konsesi izin hutan pada waktu itu 12 izin, tapi 7 diberikan kepada anak dan keluarga. Akhirnya itu kan conflict of interest," sebutnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2