Pandemi Corona, Quraish Shihab: Kewajiban Warga Ikuti Kebijakan Pemerintah

Tiara Aliya - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 17:25 WIB
Prof M Quraish Shihab
Quraish Shihab (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Cendekiawan muslim Quraish Shihab mengajak warga mengikuti imbauan pemerintah berdiam diri di rumah selama pandemi virus Corona (COVID-19). Menurut Quraish Shihab, pilihan terbaik saat ini adalah melakukan segala aktivitas di rumah.

"Kewajiban kita adalah mengikuti apa yang terbaik. Dan itu diketahui oleh pemerintah, diketahui oleh ahli-ahli. Maka adalah kewajiban kita untuk menaati apa yang terbaik itu, yang terbaik sekarang di rumah melakukan aneka aktivitas yang sesuai nilai-nilainya," kata Quraish Shihab saat siaran langsung BNBB, Jumat (24/4/2020).

Quraish menilai kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah tidak bertentangan dengan ketentuan agama, sehingga kewajiban semua warga adalah mematuhi kebijakan tersebut.

"Melanggar itu dapat mengakibatkan pelanggaran perintah Tuhan. Yang memerintah, suka atau tidak suka, selama perintahnya tidak bertentangan dengan agama, adalah kewajiban setiap warga ikuti kebijakan pemerintah yang didukung oleh para ahli, sehingga bisa dikatakan berdosalah mereka yang melanggar ketetapan itu, berdosalah mereka tidak mengikuti ketentuan itu," ungkapnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2