Jokowi: Paparan Langsung Sinar Matahari Bikin Pendek Umur Virus Corona

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 17:21 WIB
Presiden Jokowi menggelar konferensi pers di Istana Bogor mengenai penanganan virus corona Covid-19.
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut makin tingginya suhu menyebabkan umur virus Corona COVID-19 di udara dan permukaan semakin pendek. Faktor paparan langsung sinar matahari juga berpengaruh.

Hal ini disampaikan Jokowi setelah mendengar pernyataan dari pejabat Department of Homeland Security dari pemerintah Amerika Serikat terkait penelitian terhadap virus korona atau COVID-19. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa suhu udara, sinar matahari, dan tingkat kelembapan udara sangat mempengaruhi kecepatan kematian virus COVID-19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori.

"Semakin tinggi temperatur, semakin tinggi kelembapan, dan adanya paparan langsung sinar matahari akan semakin memperpendek masa hidup virus COVID-19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis dari Setpres, Jumat (24/4/2020).

Jokowi mengatakan ini merupakan kabar gembira karena Indonesia beriklim tropis dengan suhu yang panas, udara lembap, dan kaya sinar matahari. Meski demikian, Presiden mengingatkan masyarakat agar terus menjalankan protokol pencegahan penularan COVID-19 secara disiplin.

Selanjutnya
Halaman
1 2