RSUP Persahabatan Rawat 24 Bayi yang Lahir dari Ibu PDP-Positif Corona

Kadek Melda L - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 16:28 WIB
RSUP Persahabatan jadi salah satu rumah sakit yang disiapkan untuk tangani pasien terinfeksi virus corona. Ruangan khusus pun disiapkan di rumah sakit tersebut.
RSUP Persahabatan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan saat ini merawat 24 bayi yang lahir dari ibu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan positif virus Corona (COVID-19). Hingga saat ini, bayi-bayi tersebut belum dinyatakan statusnya positif virus Corona.

"Kami punya kasus-kasus ibu hamil di mana kita sudah mempunyai bayi yang lahir dari ibu yang PDP maupun ibu yang sudah dinyatakan COVID-19. Kami sudah punya 24 pasien dari ibu yang melahirkan anaknya, kami rawat di Rumah Sakit Persahabatan walaupun belum dinyatakan bayinya itu positif. Sampai saat ini bayi bayinya belum ada yang ditemukan positif," kata Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogaya melalui siaran langsung kepada wartawan, Kamis (23/4/2020).

Rita menuturkan bayi-bayi yang lahir itu umumnya melalui proses persalinan operasi dan selamat. Dia menyebut RSUP Persahabatan selama pandemi Corona menerima ibu hamil dan melahirkan berstatus PDP dan positif COVID-19.

"Kami memang sudah banyak menerima kasus kasus kebidanan, baik ibu yang akan melahirkan ataupun ibu hamil dengan keluhan PDP. Saat ini yang kami sudah lakukan persalinan, biasanya dilakukan dengan operasi, anaknya umumnya selamat," tuturnya.